BizriL blog

8.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Minta Ditelusuri dan Diindex Google

Minta Ditelusuri dan Diindex Google
Selamat malam rekan-rekan blogger, bagaimana menghadapi Senin besok ? harus tetap semangat loh.. jadikan Senin sebagai hari yang paling semangat diantara hari-hari lainnya. Semoga Tuhan selalu memberi kesehatan dan kemudahan dalam segala aspek kehidupan, Aamiin YRA..

Bingung karena blog belum terindeks oleh Google? atau posting terbaru belum muncul pada hasil pencarian Google? Pada posting kemarin sudah sedikit dibahas tentang pentingnya ping (baca: Pentingnya Ping untuk SEO). Tidak usah bingung apalagi putus asa sampai nyerah, Bizril blog mau bagikan tips agar mudah terindeks oleh Google.


Karena memerlukan kode Google Webmaster Bizril blog kemarin mengunjungi situs Google Webmaster Tools di alamat https://www.google.com/webmasters/tools. Setelah mendapat kode Google Webmaster lalu dicopy dan disimpan di sebuah file text. Dari situ penasaran melihat-lihat apa saja fasilitas yang dimiliki oleh Google Webmaster Tools?

Ada beberapa fasilitas Google Webmaster Tools yang belum saya ketahui yang ternyata fasilitas itu sangat penting dan bisa digunakan oleh para blogger/webmaster agar blog/website mudah ditelusuri dan diindex oleh Google. Menurut keterangan di situs itu kita tidak harus menunggu robot Google menelusuri halaman blog, kita bisa meminta robot Google untuk menelusuri sebuah halaman tertentu atau semua halaman yang ada di blog agar secepat mungkin dapat ditelusuri dan diindex oleh Google.

Jika kamu tertarik menggunakan fasilitas ini agar blog kamu cepat terindex oleh Google kamu dapat menggunakan fasilitas ini kapanpun, tentu saja sebelumnya harus sudah mendaftarkan blog kamu ke Google webmaster Tools dan harus sudah diverifikasi. Untuk menggunakan fasilitas ini caranya :

1. Login ke situs Google webmaster Tools, alamat : https://www.google.com/webmasters/tools/

2. Klik Perayapan

3. Klik Ambil sebagai Google


Minta Ditelusuri dan Diindex Google1

4. Masukkan alamat post atau halaman yang mau ditelusuri dan diindex Google. Jika meminta Google menelusuri seluruh halaman dan post maka kotak isian dibiarkan kosong, tapi jika mau meminta Google menelusuri halaman atau post tertentu saja maka kotak isian diisi misal : 2014/12/minta-ditelusuri-dan-diindex-google.html, contohnya lihat gambar di bawah ini.

Contoh : Kotak isian dikosongkan

Minta Ditelusuri dan Diindex Google2

Contoh : Kotak isian diisi alamat post yang mau ditelusuri

Minta Ditelusuri dan Diindex Google3

5. Klik tombol Ambil

6. Klik tombol Kirim ke Indeks

Minta Ditelusuri dan Diindex Google4

7. Pilih dan klik salah satu opsi

8. Klik tomblol Kirim

Minta Ditelusuri dan Diindex Google5

9. Selesai, tunggu robot Google secepatnya akan menelusuri dan mengindex blog kamu sesuai permintaan.

Jika fasilitas ini selalu digunakan setiap selesai membuat posting, maka tidak perlu meminta Google untuk menelusuri seluruh halaman, cukup alamat posting yang mau ditelusuri saja. Dengan menggunakan fasilitas ini maka blog / posting akan dapat dengan cepat ditelusuri dan diindex oleh google.

Untuk memeriksa apakah posting sudah diindex atau belum oleh Google, gunakan Google search dengan keywords alamat lengkap posting, misal Bizril yang terbaru : http://bizril.blogspot.com/2014/12/minta-ditelusuri-dan-diindex-google.html, jika posting sudah diindex oleh Google maka akan muncul hasil pencarian dengan judul posting yang dicari, seperti pada gambar di bawah ini.

Minta Ditelusuri dan Diindex Google6

Semoga bermanfaat,

Baca juga posting Bizril blog yang lainnya :

+ Membuat Sumber Pengunjung Dari Google untuk Blogwalking

+ BlogToC Widget Daftar Isi Terbaik

+ Tombol Social Bookmark Sejajar Tanggal Posting

+ Trick Mengarahkan Error 404 (Page Not Found)

+ Situs Social Bookmark

google webmaster, google webmaster tools, perayapan google, perayapan robot google, indeks google, google index, minta perayapan google, minta index google, pencarian google

facebook comments
logo32g 2 comments

2 komentar:

  1. bekunjung di blog bisri..webmaster memang mnyediakan banyak sarana sob..termasuk fetch as google,remove url dan lain sebagainya

    visitback satriyoku.blog

    BalasHapus
  2. Bizril Blog ™10:45 AM

    Hai Manfaat bersama. Silahkan gunakan semua yang ada di sini kalau memang berguna untuk anda.
    Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di sini

    BalasHapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.