BizriL blog

5.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Tombol Social Bookmark Sejajar Tanggal Posting

Selamat siang rekan-rekan blogger semua, semoga di hari Jum'at ini kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala hal, Aamin YRA.

Kemarin saya memperoleh oleh-oleh saat jalan-jalan menemui blog rekan-rekan yaitu shoutbox favorit yang sudah lama hilang, sekarang nempel lagi di Bizril blog pada side bar kanan, Shoutmix.. saya sangat menyukainya walaupun tidak tahu sampai kapan akan bertahan karena itu versi demo, sedangkan untuk menggunakan versi aslinya sejak Januari 2012 tidak lagi gratis, harus bayar hehe..


Ya udah kembali ke topik utama posting ini. Beberapa hari lalu Bizril blog membahas tentang pentingnya situs social bookmark dan daftar social bookmark lengkap dengan Google pagerank yang dimilikinya (baca : Situs Social Bookmark), bahasan posting ini juga masih seputar social bookmark.

Mengingat pentingnya social bookmark maka pada posting ini Bizril blog akan membahas sebuah tutorial tentang bagaimana cara menambahkan tombol social bookmark sejajar dengan tanggal posting, tepatnya di atas judul posting dan ditempatkan pada semua posting. Coba lihat di atas setiap judul posting dan di atas judul posting ini, di sebelah kanan tanggal posting terdapat tulisan + Bagikan / Simpan Post Ini, nah itu merupakan tombol (fasilitas) social bookmark yang ditampilkan dalam mode teks (bisa juga menggunakan mode gambar).

Sebenarnya pada posting-posting lama juga Bizril blog sudah menambahkan fasilitas social bookmark di bawah posting, namun metode yang digunakan kurang efektif karena kode / script harus selalu ditambahkan setiap membuat posting (lebih ribet daripada metode yang dibahas sekarang). Adapaun yang sekarang dibahas untuk menambahkan tombol social bookmark hanya dalam satu kali mengedit template saja.

Kode / script yang digunakan untuk menambahkan tombol social bookmark sejajar tanggal posting saya peroleh secara gratis dari situs : http://www.addtoany.com dan sudah sedikit dimodifikasi agar lebih baik, hehe..

Langsung saja ke bahasan utama, bagaimana caranya menambahkan tombol social bookmark sejajar tanggal posting? Oke.. begini caranya.. (Jangan lupa sebelum mengedit agar template dibackup dulu untuk jaga-jaga !).

1. Seperti biasa login ke dashboard blogger.

2. Klik Template

3. Klik Edit

4. Cari kode berikut : <data:post.dateHeader/>

5. Tepat di sebelah kanan kode di atas sebelum kode </span> copy dan paste kode di bawah ini :


Sehingga hasil akhir lengkap seperti di bawah ini :


6. Klik Save Template (sebelumnya yakinkan kode/script sudah sesuai dengan script di atas).

Pada Bizril blog sengaja tombol social bookmark menggunakan modus teks, bukan apa-apa sih.. saya lebih menyukai modus teks daripada modus gambar (image), tetapi kalau kamu berminat menggunakan tombol social bookmark ini bisa juga ditampilkan dengan modus gambar seperti bisa dilihat pada gambar posting ini.

Untuk menampilkan tombol social bookmark dengan menggunakan gambar, script di atas bisa dimodifikasi sedikit, misalnya saya gunakan URL gambar yang juga sengaja sudah saya download dari situs addtoany.com dan diupload ke Bizril blog. Jika menggunakan tombol dengan tampilan gambar maka script lengkapnya menjadi seperti di bawah ini.


Untuk gambar agar sesuai dengan kesukaan kamu bisa sedikit modifikasi dengan mengganti URL gambar dengan URL gambar yang lain.

Semoga bermanfaat.

social bookmark, tombol social bookmark, social bookmark penting, social bookmark gratis, trick social bookmark, tutorial social bookmark, fasilitas social bookmark, script social bookmark, kode social bookmark, social bookmark blogger

facebook comments
logo32g 2 comments

2 komentar:

  1. info yang bagus.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™4:12 PM

      Hai Cindelaras, terimakasih atas komentarnya yang juga bagus, terimakasih juga sudah berkunjung ke Bizril blog

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.