BizriL blog

30.11.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Pentingnya Ping untuk SEO

Pentingnya Ping untuk SEO
Selamat sore rekan-rekan blogger di manapun anda berada, selamat menikmati sore di akhir pekan yang indah, semoga anda semua selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala hal. Aamiin YRA

Setelah beberapa hari Bizril blog meluncurkan artikel tentang SEO yang berjudul "Pentingnya Meta Description untuk SEO", pada sore ini Bizril blog masih tertarik membahas tentang SEO (Search Engine Optimization). Memang bahasan tentang yang satu ini sangat menarik sekaligus juga tantangan buat webmaster dan blogger yang ingin mengoptimalkan hasil pencarian pada mesin pencari semisal Google, Yahoo, Bing, dsb.


Mungkin sebagian dari anda mengabaikannya dan asal menulis dan posting pada blog saja, tapi bukankah akan merasa bangga kalau website/blog yang anda kelola muncul pada hasil pencarian atau di Google? apalagi kalau munculnya pada halaman pertama, semisal posting Bizril blog yang terakhir tentang "Liga Champion Widget" yang langsung muncul pada halaman pertama Google dengan keywords "Liga Champion Widget", kalau tidak percaya silahkan saja coba atau klik di sini untuk melihat hasil pencarian di Google.

Untuk dapat muncul pada hasil pencarian semacam Google, Yahoo atau Bing tentu saja tidak langsung, tidak setiap membuat tulisan / posting dapat langsung diindex oleh robot mesin pencari, apalagi kalau postingan tersebut dianggap tidak original / tidak segar yang merupakan hasil copy - paste dari blog / website lain, tentunya akan susah terindex oleh mesin pencari seperti Google dsb, apalagi robot mesin pencari tersebut melakukan crawl (pengindeksan) hanya sesuai waktu yang telah ditentukan.

Agar posting bisa dengan cepat dapat diindex oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dsb. maka perlu sedikit usaha lagi yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan PING yang disebut juga Submission Service. Mungkin ada sebagian dari anda yang baru mengenal istilah tersebut, apa itu PING atau submission service? Ping adalah sebuah layanan yang dilakukan untuk memperkenalkan website atau blog pada beberapa mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dsb. dan pada beberapa website lain yang dianggap memiliki rating yang sudah tinggi seperti alexa, newsgator, dsb.

Setelah tahu apa artinya dan apa pentingnya ping buat SEO website / blog, lalu bagaimana caranya untuk melakukan PING agar bisa cepat terindex oleh mesin pencari. Berikut ini cara melakukan ping ke mesin pencari dan ke beberapa website lainnya :

+ Ping ke Google
Agar posting baru dapat diindex oleh mesin pencari Google dalam waktu yang relatif singkat tanpa menunggu robot Google melakukan pencarian, anda harus lakukan ping ke Google secara manual caranya yaitu dengan menggunakan fasilitas Google Blog Search yang disediakan oleh Google, klik di sini untuk menuju Google Blog Search, kemudian isi kolom yang ada dengan URL blog atau dengan URL posting yang ingin anda ping (ditulis tanpa http://) lalu klik tombol "Submit blog", biasanya saya melakukannya 2 kali yaitu dengan URL posting terakhir dan dengan URL blog.

Ping ke Google
Pentingnya Ping untuk SEO1

Pentingnya Ping untuk SEO2

+ Ping ke Bing & Yahoo
Selain google Bing & Yahoo merupakan mesin pencari yang banyak digunakan, dimana mesin pencari ini adalah milik Microsoft, sebuah perusahaan software terkemuka di dunia. Untuk penggunanya Bing memberikan fasilitas layanan ping yang bisa diakses dan digunakan oleh webmaster dan blogger untuk mengenalkan blog/website dan postingnya, untuk dapat menggunakannya silahkan kunjungi layanan Bing Webmaster Tools (klik di sini). Adapun tata cara penggunaannya hampir sama dengan Google Blog Search.

Ping ke Bing & Yahoo
Pentingnya Ping untuk SEO3

Pentingnya Ping untuk SEO4

+ Layanan Ping Lainnya
Selain melakukan ke mesin pencari populer Google, Bing dan Yahoo, ping juga bisa dilakukan ke beberapa website besar dan ternama, untuk dapat melakukan ping ke beberapa website tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan layanan ping yang banyak diberikan oleh beberapa website yang khusus melayani ping seperti Ping-O-Matic, Ping My URL, Pingoat, dsb. Adapun mengenai cara melakukan ping dari masing-masing layanan tersebut semuanya memilik cara yang relatif sama.

Ping menggunakan Ping My URL
Pentingnya Ping untuk SEO5

Ping menggunakan Pingoat
Pentingnya Ping untuk SEO6

Jangan lupa setelah melakukan / menggunakan layanan ping untuk mem-Bookmark alamat URL layanan-layanan ping tersebut agar mudah jika anda mau melakukan ping lagi.

Setelah menggunakan layanan ping tidak begitu saja dalam 1 atau 2 menit dapat terindeks oleh mesin pencari, perlu waktu yang lebih lama mungkin bisa sampai 1 hari, tetapi lebih efektif dan lebih cepat terindeks oleh mesin pencari dibandingkan dengan menunggu robot mesin pencari bergerak sendiri.

Agar lebih mudah untuk robot mesin pencari dalam melakukan crawling (pengindeksan), alangkah lebih baiknya jika website/blog anda untuk didaftarkan secara manual kepada mesin pencari tersebut. Untuk mesin pencari Google disediakan layanan Google Webmaster Tools (klik di sini), untuk mesin pencari Bing disediakn layanan Bing Webmaster Tools (klik di sini). Daftarkan website/blog anda pada layanan-layanan tersebut dengan mengikuti petunjuknya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

ping blog, ping service, blog SEO, ping google, ping bing, ping yahoo, google blog search, layanan ping, ping service, google webmaster, bing webmaster


facebook comments
logo32g 9 comments

9 komentar:

  1. terima kasih,sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™4:23 PM

      sama-sama gan, terimakasih sudah berkunjung dan komen di sini

      Hapus
  2. iya saya sudah ikut ngeping dari dulu kala.. ternyata sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™2:53 PM

      betul gan, bagus kalau sudah biasa pakai ping, selain dengan ping lebih bagus lagi kalau gunakan fasilitas backlink dan social bookmark. Terimakasih sudah berkunjung dan komen di sini

      Hapus
  3. Agak sukar utk saya faham semua isinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™10:00 AM

      Hai Madam Pam. Mungkin anda belum terbiasa melakukan ping, kalau sudah terbiasa pasti gak susah, di posting ini saya lengkapi link menuju ke beberapa situs penyedia ping, tinggal anda ikuti saja caranya. Terimakasih sudah berkunjung dan beri komentar di sini.

      Hapus
  4. hoho makasih gan, langsung praktek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. BizriL blog8:39 AM

      Cara Asal : Sama2 gan, semoga bermanfaat

      Hapus
  5. numpang situsnya gan .

    BalasHapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.