26.11.14

Pentingnya Meta Description untuk SEO

Pentingnya Meta Description untuk SEO
Selamat pagi dan selamat beraktivitas untuk rekan-rekan blogger di seluruh dunia, semoga hari ini lebih baik dari hari-hari kemarin dan semoga selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam menghadapi kehidupan ini, Aamin..

Sudah lama rasanya saya tidak membahas tentang SEO di blog ini, sekedar ulasan saja bahwa SEO (Search Engine Optimization) / optimalisasi mesin pencari sangat dibutuhkan oleh webmaster/admin pengelola website/blog, agar website/blog yang dikelolanya tersebut bisa muncul di halaman terdepan pada mesin pencarian semisal google, bing, yahoo. dsb. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan SEO dan sudah sering dibahas di blog ini pada posting-posting lama.



Sesuai dengan perkembangan zaman dari waktu ke waktu telah banyak dilakukan perubahan dan perbaikan oleh robot mesin pencari untuk memperbaiki dan mengoptimalkan pengindeksan terhadap website/blog, tujuannya agar hasil pencarian bisa lebih akurat mendekati keinginan pengguna mesin pencari tersebut. Tentu saja sebagai admin website/blog kita juga harus mengikuti perkembangan tersebut agar SEO website/blog lebih baik dan dapat terindeks dengan baik.

Pada posting lama saya pernah jelaskan bahwa google lebih menitikberatkan indeks pencarian robotnya pada konten (baca pengaruh konten untuk SEO), tidak lagi menitikberatkan pada backlink dsb. Konten yang baik adalah konten yang memiliki isi yang baik sesuai dengan harapan pembaca, konten tidak dimuat di website/blog lain dan bukan hasil copy-paste. Konten yang baik harus menggunakan judul yang baik juga, dalam hal ini judul harus singkat, padat dan akurat mewakili isi konten (baca pentingnya judul untuk SEO).

Selain konten dan judul yang baik juga diperlukan deskripsi (description) yang dapat mewakili isi konten tersebut. Saya pernah membaca sebuah artikel yang diterbitkan oleh google tentang perlunya deskripsi yang baik agar robot mesin pencari dapat mengindeks sebuah website/blog dengan baik. Deskripsi yang baik selain harus mewakili isi konten dan sesuai dengan judul konten, sebagai ringkasan konten yang dibahas.





Gunakan deskripsi unik untuk setiap laman ! Memiliki meta tag deskripsi yang berbeda untuk setiap laman membantu pengguna dan mesin pencari, khususnya dalam penelusuran yang dapat memunculkan beberapa laman dari sebuah website/blog (misal: penelusuran menggunakan site: operator). Jika website/blog memiliki ribuan atau bahkan jutaan laman, membuat sendiri meta tag deskripsi kemungkinan tidak bisa dilakukan. Dalam kasus ini dapat menghasilkan meta tag deskripsi secara otomatis berdasarkan konten tiap laman.

Dalam menentukan deskripsi ada beberapa hal yang harus dihindari, yaitu :
+ Menulis meta tag deskripsi yang tidak mempunyai hubungan dengan konten laman
+ Mmenggunakan deskripsi umum seperti "Ini adalah laman web"
+ Mengisi deskripsi hanya dengan kata kunci
+ Menyalin dan menempel seluruh konten dokumen ke dalam meta tag deskripsi
+ Menggunakan meta deskripsi tunggal di semua laman situs atau di sebagian besar laman

Untuk pengguna blogger/blogspot deskripsi bisa disertakan setelah selesai menulis posting di jendela sebelah kanan terdapat Post Setting - Search Description, isikan deskripsi tentang konten posting yang ditulis sesuai dengan konten/isi posting sebagai rangkuman dari isi posting tersebut (lihat gambar di bawah).


Semoga bermanfaat !


blogger, tip, trick, meta tag, pagerank, seo, traffic, online, business

4 komentar:

  1. thanks for sharing~ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™12:29 PM

      You're welcome and thanks for visit and comment, hope something usable here

      Hapus
  2. wahhh mantap ini postnya..terima aksihh.. wane buat juga ahhh meta tag-nya.. salam sukses selalu gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™5:27 PM

      saya baru tahu kalau saat membuat posting di blogger ada fasilitas search description dan baru digunakan pada beberapa posting terakhir, semoga bermanfaat !

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.