BizriL blog

7.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Membuat Sumber Pengunjung Dari Google untuk Blogwalking

Pengunjung Dari Google
Sepertinya waktu berlalu begitu cepat tak terasa sudah sampai lagi di penghujung pekan, buat kamu yang bekerja di kantor mungkin hari ini lebih santai karena tidak harus pergi ke kantor, bisa menikmati libur bersama keluarga. Selamat akhir pekan, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Aamiin YRA..

Selama memiliki blog pernahkah kamu melihat daftar kunjungan ke blog milikmu? mungkin ada yang sering tapi mungkin aja ada yang belum pernah sama sekali karena belum tahu.



Blogger menyediakan menu khusus untuk melihat statistik blog, di menu tersebut kamu bisa melihat statistik tentang kunjungan ke blog, berapa jumlah kunjungan per hari/bulan? berapa total jumlah kunjungan? dari negara mana saja asal pengunjung? dari website/blog mana saja sumber pengunjung? bahkan bisa diketahui jumlah sistem operasi dan jenis browser yang dipakai oleh pengunjung.

Dengan adanya fasilitas statistik blog itu kamu bisa melihat kemajuan atau kemunduran yang dialami oleh blog kamu, kalau jumlah kunjungan per hari jumlahnya bertambah berarti blog sudah semakin bagus, semakin diminati oleh pengunjung, juga sebaliknya. Demikian juga dengan sumber website/blog yang memberikan referensi kepada pengunjung yang melalui blog kamu. Kalau banyak pengunjung berasal dari situs Google, berarti SEO blog sudah dianggap bagus karena pencarian dengan keywords tertentu sudah mengarah ke blog kamu. Tetapi bagaimana kalau memang SEO blog kamu belum bagus? keywords yang dipakai di blog kamu belum bisa muncul di hasil pencarian seperti Google, tentunya referensi sumber kunjungan dari Google akan semakin minim.

Banyak cara untuk menaikkan lalu-lintas (traffic) / jumlah pengunjung ke blog kamu, salah satu cara yang populer dilakukan oleh blogger adalah dengan cara blogwalking, yaitu sebuah cara di mana seorang blogger mengunjungi beberapa blog setiap hari secara rutin, kemudian meninggalkan jejak berupa pesan pada fasilitas yang ada seperti chatbox maupun komentar dengan meninggalkan alamat blog dengan harapan pemilik blog atau pengunjung blog itu akan berkunjung ke blog milikmu.

Bizril blog masih rutin setiap hari bahkan bebrapa kali dalam sehari melakukan blogwalking, selain dapat meninggalkan pesan dan alamat blog, juga sering menemukan ilmu baru yang sebelumnya belum diketahui. Saat blogwalking biasanya meninggalkan identitas berupa nama, alamat email dan atau alamat blog dan pesan kepada pemilik blog itu. Untuk mengisi alamat biasanya menggunakan alamat blog seperti http://bizril.blogspot.com/, tentu saja siapapun yeng klik ke link tersebut akan masuk ke Bizril blog sebagai pengunjung. Dengan demikian di statistik akan menambah jumlah pengunjung, termasuk referensinya. Saat bizril blog meninggalkan pesan melalui cbox, maka refernsi yang muncul di statistik pengunjung berasal dari referensi www.cbox.ws dsb.

Pada posting ini Bizril blog mau memberikan sedikit tips agar referensi kunjungan berasal dari Google, coba lihat pada gambar di bawah ini, referensi kunjungan ke Bizril terbanyak berasal dari situs Google global (www.google.com), menyusul di bawahnya berasal dari situs lain, tapi mayoritas dari Google walaupun sifatnya lokal seperti www.google.co.id (Google Indonesia).

Pengunjung Dari Google-1

Untuk memperoleh refernsi ini, tentu saja blog atau salah satu posting di blog harus sudah terindeks oleh Google, agar lebih cepat terindeks oleh Google bisa dilakukan dengan cara ping seperti pernah dibahas sebelumnya oleh Bizril blog mengenai pentingnya ping (baca : Pentingnya Ping untuk SEO).

Untuk mengetahui apakah blog/posting di blog kamu sudah terindeks oleh Google caranya sangat mudah, copy alamat URL blog/salah satu posting (misal : http://bizril.blogspot.com/2014/11/pentingnya-ping-untuk-seo.html) kemudian cari alamat tersebut di google, kalau sudah terindeks maka akan muncul hasil pencarian berupa judul blog atau judul posting yang mengarah ke salah satu posting di blog. Coba klik hasil pencarian Google itu untuk memastikan benar bahwa hasil pencarian itu masuk ke blog kamu.

Setelah blog/posting blog sudah terindeks oleh google, berikutnya dengan membuat sebuah alamat baru yang dapat mengarahkan seolah-olah kunjungan itu berasal dari hasil pencarian Google, alamat baru tersebut itu yang nantinya digunakan untuk mengisi kolom URL saat blogwalking, agar penulisannya lebih pendek biasanya alamat baru dibuat short link, banyak situs yang memberikan fasilitas membuat shortlink, tapi Bizril lebih suka menggunakan fasilitas goo.gl karena itu miliknya Google. Untuk membuat alamat baru sampai membuat shortlink simak dan ikuti tahapan-tahapan proses di bawah ini.

1. Buka pencarian Google (www.google.com)

2. Copy dan paste URL blog / posting blog di Google

Pengunjung Dari Google-2

3. Copy alamat hasil pencarian dari Google (untuk meyakinkan alamat hasil pencarian paste dan buka alamat itu di kolom alamat / address bar pada tab baru)

Pengunjung Dari Google-3

4. Buka situs pembuat shortlink http://goo.gl/

5. Paste alamat hasil pencarian di goo.gl

6. Klik Shorten Link

Pengunjung Dari Google-4

7. Copy alamat baru yang sudah dipendekkan dengan menekan tombol CTRL-C (klik kanan paste pada area yang diblok)

8. Coba alamat baru yang sudah dipondokkan tadi di tab baru browser, kalau sudah benar maka akan membuka blog / posting blog kamu.

Pengunjung Dari Google-5

9. Selesai, alamat baru yang sudah dipendekkan sudah siap dipakai untuk dipakai saat blogwalking.

Pengunjung Dari Google-6

Dengan menggunakan alamat baru tadi maka seolah-olah refernsi kunjungan berasal dari Google. Semoga bermanfaat.

Baca juga posting-posting sebelumnya dari Bizril blog :

+ BlogToC Widget Daftar Isi Terbaik

+ Tombol Social Bookmark Sejajar Tanggal Posting

+ Trick Mengarahkan Error 404 404 (Page Not Found)

+ Situs Social Bookmark

+ Backlink Gratis dari BizriL doFollow Blog

statistik blog, blog overview, referensi google, blogwalking, pengunjung blog, pengunjung dari google, sumber pengunjung,statistik pengunjung,blog traffic,google seo

facebook comments
logo32g 6 comments

6 komentar:

  1. Thanks infonya gan
    Segera ke tkp

    BalasHapus
  2. Bizril Blog ™10:55 PM

    Oke gan, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan beri komentar di sini

    BalasHapus
  3. wah... info yang bermanfaat. terima kasih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™10:52 AM

      Hai sobat Syaza Syafeeqah. Silahkan digunakan kalau memang bisa dimanfaatkan dengan baik. Terimakasih sudah berkunjung dan beri komentar di sini.

      Hapus
  4. makasi gan infonya menarik sekali, semoga bisa membantu saya juga biar pengunjung blog saya jadi tambah banyak :)

    http://goo.gl/RIYNfd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™3:43 PM

      Hai Sagitarius Kusadhi. Setelah pakai trik di atas coba lihat perkembangan statistik blog kamu, bandingkan dengan sebelumnya.
      Terimakasih sudah berkunjung dan memberi komentar di sini.

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.