BizriL blog

11.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Hotspot Gratis dengan Linksys WRT54GL

Halo rekan blogger, pada ini musim hujan kondisi badan harus selalu fit, selain olah raga juga harus cukup makan vitamin agar tidak mudah kena penyakit, serta berdoalah agar diberi kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan semua hal.

Di malam Jumat ini Bizrl blog mau membuat posting dengan tema yang beda dengan post sebelumnya, yaitu membahas tentang membuat hotspot gratis menggunakan wireless router Linksys WRT54GL. Perangkat ini telah digunakan sejak tahun 2010 dan sampai saat ini masih berfungsi dengan baik dan belum pernah mendapat masalah.


Linksys WRT54GL sangat handal untuk digunakan sebagai router hotspot, selain bisa menangkap sinyal WiFi dari jarak yang lumayan jauh, juga sekaligus bisa menyebarkan sinyal kembali agar dapat ditangkap oleh perangkat lain yang menggunakan wireless, walaupun jarak pancaran sinyalnya tidak terlalu jauh tapi cukup untuk hotspot dengan jangkauan pendek.

Saya menggunakan Linksys WRT54GL yang sudah diupgrade firmware DD-WRT v24-sp1, memang perangkat ini sudah sangat populer karena kinerjanya yang memuaskan. Dipasang menggunakan tiang setinggi 10 meter untuk melebihi tinggi atap rumah agar tidak terlalu banyak sinyal terblokir, tapi masih lebih rendah dibandingkan pohon mangga di halaman rumah, sengaja tidak terlalu tinggi agar lebih aman dari petir.

Sebenarnya Linksys WRT54GL adalah perangkat wireles G router untuk digunakan di dalam ruangan (indoor), tetapi sudah dimodifikasi menggunakan box khusus agar bisa dipasang di luar rumah (outdoor). Kabel power juga dimodifikasi sedikit agar menyerupai PoE (Power over Ethernet), di mana kabel data dan kabel power dibuat menyatu di dalam sebuah kabel UTP dengan panjang sekitar 15 meter. Kabel data tetap dipasang untuk jaga-jaga bila ada masalah dengan sinyal WiFi.

Sumber internet diperoleh secara gratis dari hotspot tetangga yang jaraknya tidak terlalu jauh (kurang lebih 200 meter), walaupun kecepatan koneksi internet tidak terlalu bagus tapi masih bisa digunakan untuk memainkan video 480p di Youtube tanpa buffering. Walaupun sinyal hotspot tersebut sangat lemah untuk dideteksi langsung oleh laptop, mungkin pemilik hotspot itu hanya menggunakan modem wireless yang diperoleh secara gratis dari provider internet (speedy), dengan Linksys DDWRT54GL sinyal yang diperoleh sangat bagus (excellent).

IP address modem wireless yang dipakai oleh hotspot tetangga itu menggunakan setting default 192.168.1.1 dan kalau saya lintip pemakainya tidak lebih dari 5 client termasuk saya, oleh karena itu setting IP LAN router Linksys DDWRT54GL saya menggunakan IP terbesar dari subnet mask 255.255.255.0 yaitu 192.168.1.254 dengan DHCP range untuk 10 client.

Sebenarnya hotspot itu dipasang pengamanan berupa WPA2 personal password, sehingga tidak bisa diakses secara bebas, saya memperoeh password hotspot itu berkat bantuan software netcut dan berkat adanya hotspot yang dikelola oleh provider internet yang ikut pada nempel seperti benalu pada wireless modem. Sayangnya password modem itu tidak diganti, masih menggunakan password default sehingga dengan mudah saya bisa masuk mengakses modem tersebut.

Setelah semua perangkat terpasang dan laptop sudah terkoneksi dengan Linksys WRT54GL, selanjutnya tinggal setting untuk bisa masuk ke hotspot yang menggunakan keamanan berupa WPA2 Personal dan kemudian memancarkannya kembali agar dapat diakses oleh seluruh perangkat wireless di dalam rumah. Proses setting WRT54GL adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi browser (saya gunakan Firefox)

2. Browsing ke IP address Linksys WRT54GL, ketik 192.168.1.254 diikuti tekan Enter


3. Klik menu Status


4. Klik sub menu Wireless


5. Klik tombol Site Survey


6. Muncul beberapa hotspot yang dijangkau oleh Linksys WRT54GL

7. Pilih sebuah hotspot yang akan dikoneksikan, di sebelah kanan klik tombol Join


8. Muncul keterangan sukses join ke hotspot, klik tombol Continue


9. Masuk ke menu Wireless dan ada keterangan hotspot yang sudah join

10. Pada combo box wireless mode pilih Repeater Bridge


11. Pada Virtual Interface klik tombol Add untuk membuat SSID hotspot baru

12. Isi SSID dengan nama hotspot (misal hotspot saya namanya bizril.blogspot.com)


13. Klik tombol Apply Setting dan tunggu beberapa saat

14. Jika hotspot yang di-join tadi memiliki password dan jika hotspot baru mau menggunakan password, berikutnya klik sub menu Wireless Security

15. Tentukan jenis pengamanan dan password hotspot yang sudah di-join tadi sebagai berikut :

- Security mode disesuaikan dengan yang dipakai pada hotspot yang di-join (misal : WPA2 Personal)
- WPA Algorithms disesuaikan dengan yang dipakai pada hotspot yang di-join (misal : TKIP+AES)
- WPA Shared Key diisi dengan password hotspot yang di-join


16. Tentukan jenis pengamanan dan password hotspot saya (semuanya harus sama dengan yang digunakan oleh hotspot yang di-join)

17. Klik tombol Apply Settings dan tunggu beberapa saat

18. Selesai, sudah bisa join ke hotspot tetangga dan membuat hotspot sendiri yang siap digunakan, jika perlu klik tombol Save, kemudian reboot Linksys WRT54GL.

Setelah proses join dan membuat hotspot sendiri selesai, coba koneksikan laptop ke hotspot yang sudah dibuat tadi menggunakan koneksi wireless, setelah berhasil konek coba lakukan ping ke sebuah alamat URL aktif (misal : bizril.blogspot) atau IP address sebuah DNS, (misal DNS Google 8.8.8.8). Untuk melakukan ping prosesnya sebagai berikut :

1. Pada Windows Klik Start

2. Klik Run

3. Ketik cmd

4. Klik OK

5. Muncul jendela command, ketik : ping 8.8.8.8 -t

6. Kalau koneksi berhasil maka akan muncul hasil seperti gambar di bawah ini



Selamat.. saya sudah berhasil join ke hotspot tetangga dan digunakan lagi untuk membuat hotspot sendiri.

Semoga bermanfaat.

Baca juga post Bizril blog yang lain :

+ Update Google Pagerank Tahun 2014

+ Terjemahan Pada Blog Sendiri

+ Minta Ditelusuri dan Diindex Google

+ Membuat Sumber Pengunjung Dari Google untuk Blogwalking

+ Tambahkan ke Index Google

hotspot, wifi, setting wifi, setting hotspot, setting linksys, setting internet, setting linksys wrt54gl, setting network, wifi gratis, wifi hotspot, hotspot gratis, linksys wrt54gl

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.