6.12.14

Tambahkan ke Index Google

Tambahkan ke Index Google
Hai sobat, ketemu lagi di Bizril blog. Bagaimana kabarnya? Saya harap semuanya baik dan yang pasti jaga kesehatan di musim hujan ini agar kondisi badan tidak ngedrop untuk menjalankan rutinitas. Semoga Tuhan melindungi dan menjaga kita. Aamiin.

Mau membahas tentang apa ya? Agak lama tidak menulis di blog ini, bahas lagi tentang SEO dan SERPs saja, biar dikatakan blog SEO tidak apa-apa, mungkin hehe.. Kemarin baca ada sobat Bizril blog yang komentar katanya bingung tidak mengerti, hehe.. ya sudah posting sekarang yang mudah saja biar tidak pusing lagi.


Walaupun bahasan ringan tapi yang satu ini tidak bisa dianggap enteng, karena pengaruhnya.. mungkin kamu tidak percaya, dalam beberapa menit blog / posting terbaru bisa diindex oleh Google. Mau tahu caranya? begini..

Syaratnya mudah, tidak harus pakai bayar, apalagi harus harus kolusi, korupsi atau nepotisme seperti yang sering diberitakan di beberapa media sekarang ini, sampai bosen telinga ini mendengar berita tentang KPK yang menangkap para pejabat dan politikus di negeri ini.

Duh.. ko jadi cerita tentang kelakuan bejat para pejabat segala ya..? hehe.. ya sudah kembali ke fokus, sampai mana tadi? oh iya syaratnya untuk bisa menambahkan blog / posting terbaru ke index Google dan memperoleh SERPs Google, syaratnya ternyata cukup mudah, yaitu harus sudah terdaftar menjadi anggota di Google Webmaster (https://www.google.com/webmasters/tools).

Kalau sudah terdaftar langsung masuk (login) ke Google Webmaster, setelah masuk bagaimana ya..? kok jadi saya yang bingung? hehe.. oh begini saja.. setelah masuk coba cari di Google menggunakan kata kunci (keywords) "Google Webmaster Tools" (tanpa kutip), nanti akan diperoleh hasil pencarian tentang Google Webmaster Tools, kalau tidak salah hasilnya di halaman satu paling atas, seperti gambar di bawah ini.

Tambahkan ke Index Google1

Dari hasil pencarian Google, klik Submit URL to Google, atau langsung masuk ke alamat /URL ini : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini.

Tambahkan ke Index Google2

Kemudian copy alamat (URL) blog / posting yang mau ditambahkan ke index google, misalnya alamat posting terbaru Bizril blog ini : http://bizril.blogspot.com/2014/12/tambahkan-ke-index-google.html, paste alamat URL itu di halaman Submit URL to Google yang muncul tadi, ketik kode capcha (kode berupa gambar) pada kotak di bawah gambar, klik tombol Kirim Permintaan.

Selesai, akan muncul keterangan "Permintaan Anda telah diterima dan akan segera diproses" seperti pada gambar di bawah ini.

Tambahkan ke Index Google4

Tunggu beberapa saat, setelah beberapa menit coba ketik alamat blog / posting yang ditambahkan ke index tadi di Google, kalau sudah berhasil ditambahkan ke index Google maka akan muncul hasil pencarian Google seperti gambar di bawah ini.

Tambahkan ke Index Google3

Tapi kalau dalam beberapa menit belum berhasil ditambahkan ke index Google, jangan salahkan saya, karena di halaman tadi muncul keterangan : "Google menambahkan situs baru ke indeks kami, dan memperbarui yang sudah ada, setiap kali kami merayapi web tersebut. Jika Anda memiliki URL baru, beri tahu kami mengenai hal itu di sini. Kami tidak menambahkan semua URL yang dikirimkan ke indeks kami, dan kami tidak dapat memprediksi atau menjamin kapan atau apakah URL yang dikirimkan akan muncul dalam indeks kami". Yang paling penting jangan patah semangat, ulangi sampai berhasil.

Mudah bukan? kalau mudah tentunya tidak harus pusing gan bingung lagi seperti sobat Bizril blog yang komentar kemarin, hehe..

Selamat mencoba dan semoga cepat masuk index Google.

Sobat.. Baca juga posting lainnya di Bizril blog :

+ BlogToC Widget Daftar Isi Terbaik
+ Tombol Social Bookmark Sejajar Tanggal Posting
+ Trick Mengarahkan Error 404 (Page Not Found)
+ Situs Social Bookmark
+ Backlink Gratis dari BizriL doFollow Blog

tambah index google, index google, webmaster tool, google webmaster tools, add url to google, tambahkan url ke google, mudah index google, cepat index google

2 komentar:

  1. tips yang sangat berguna.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™10:56 PM

      Hai Cindelaras, silahkan pergunakan trik ini, biasanya kurang dari 5 menit posting baru sudah terindex dan muncul di SERPs Google.
      Terimakasih sudah berkunjung dan memberi komentar di sini.

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.