BizriL blog

9.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Terjemahan Pada Blog Sendiri

Terjemahan Pada Blog Sendiri
Hai sobat-sobat blogger di seluruh dunia, bagaimana kabar di hari selasa ini? semoga hari ini lebih baik dari hari sebelumnya dan paling penting selalu dianugerahi kesehatan agar bisa melakukan aktivitas biasanya, Aamiin YRA.

Orang yang bisa bahasa Indonesia tidak masalah membaca artikel posting ini, masalah untuk yang tidak bisa bahasa Indonesia, jangankan memahami isinya, membaca saja pasti tidak bisa.

Pernahkah sobat menggunakan alat penterjemah seperti Google Translate atau alat penterjemah lainnya yang terdapat pada sebuah blog / website? Tentu saja fungsi penterjemah penting untuk memahami artikel dari blog/website yang menggunakan bahasa yang tidak dimengerti.


Banyak blog yang menggunakan / menyediakan penterjemah dengan tujuan agar pengunjung yang tidak bisa bahasa blog itu bisa dengan mudah menterjemahkan tulisan dan bahasa pada blog itu. Jika blog itu tidak menyediakan alat penterjemah biasanya digunakan situs penterjemah lain, kalau saya biasa menggunakan Google Translate.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan alat penterjemah pada sebuah blog, kebanyakan penterjemah menggunakan Google Translate, tetapi ada sebuah hal yang saya rasa kurang nyaman yaitu jika penterjemah itu diklik akan dibawa ke situs Google Translate dan menampilkan bar Google Translate di paling atas.

Oleh karena itu saya mencoba mencari alat penterjemah lain yang bisa langsung menterjemahkan pada blog tanpa keluar dari blog dan tidak menampilkan bar di atas seperti jika menggunakan Google Translate. Akhirnya saya menemukan sebuah alat penterjemah yang bisa langsung menterjemahkan tulisan dan bahasa sebuah blog ke dalam beberapa bahasa tanpa keluar dari blog dan tidak menampilkan bar di paling atas, sekarang alat penterjemah itu sudah digunakan pada Bizril blog.

Lihat di menu paling atas blog ini ada gambar bendera Indonesia dan bendera Inggris, itu merupakan alat penterjemah yang digunakan oleh Bizril blog, coba gunakan alat penterjemah itu dan rasakan bedanya dengan alat penterjemah yang banyak digunakan oleh blog lain.

Alat penterjemah yang digunakan oleh Bizril blog diperoleh dari situs http://translateth.is dan menurut keterangan yang diperoleh dari situs tersebut mengatakan : "Untuk proses penterjemahan menggunakan layanan dariAPI Google Translate, tetapi sudah diprogram sedemikian rupa menggunakan Javascript sehingga dengan menggunakan alat penterjemah ini tidak mengarahkan pengguna masuk ke situs Google Translate, tetapi tetap bisa menggunakan Google Analytics" (baca keterangannya di sini : http://translateth.is/faq#different-from-google-translate).

Kelebihan alat penterjemah tersebut selain tidak mengarahkan pengguna masuk ke situs Google Translate, juga disediakan opsi-opsi yang dapat digunakan untuk menyesuaikan dengan keperluan, seperti opsi penggunaan Google Analytics, penggunaan Cookie(s), tampilan gambar, dsb. Opsi tersebut dapat diatur pada script widget ini. Seperti yang digunakan oleh Bizril blog di mana script telah diubah untuk disesuaikan dan tampilan gambar juga telah diubah menggunkan gambar bendera Indonesia dan bendera Inggris.

Alat penterjemah ini bisa disimpan di mana saja sesuai dengan keinginan, untuk menggunakan alat penterjemah ini bisa diperoleh dari situs pembuatnya di alamat http://translateth.is atau dengan menggunakan script di bawah ini. Copy - paste script di bawah ini seperti jika mau membuat widget baru. Kalau kamu mau menggunakan alat penterjemah ini pada side bar blog, kamu tidak harus mengedit template, hanya dengan menambah gadget HTML/Javascript pada side bar blog kamu. Tetapi jika mau menyimpan pada menu seperti Bizril blog, kamu harus mengedit template blog.

Di bawah ini script yang bisa digunakan.


Jika kamu mau menggunakan alat penterjemah ini yang telah sedikit dimodifikasi seperti yang digunakan pada Bizril blog, kamu bisa gunakan script di bawah ini.


Jika kamu mau memodifikasi scriptnya sesuai dengan keperluan, kamu bisa baca keterangan tata cara mengubahnya di alamat ini : http://translateth.is/docs

Demikian pembahasan tentang alat penterjemah yang bisa menterjemahkan pada blog sendiri, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel / post Bizril blog lainnya :

+ Minta Ditelusuri dan Diindex Google

+ Membuat Sumber Pengunjung Dari Google untuk Blogwalking

+ BlogToC Widget Daftar Isi Terbaik

+ Tombol Social Bookmark Sejajar Tanggal Posting

+ Trick Mengarahkan Error 404 (Page Not Found)

blog tanslate, terjemah blog, google translate, terjemah situs, terjemah blog sendiri, terjemah situs sendiri, widget translate, widget terjemah

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.