BizriL blog

13.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Apa yang Paling Tepat untuk Menu Home ?

Apa yang Paling Tepat untuk Menu Home
Halo sobat Bizril blog di seluruh dunia, tidak terasa seminggu telah dilalui serasa teramat cepat, padahal apa yang terjadi jika putaran bumi cepat? semuanya akan berantakan dan tidak ada kehidupan di permukaan bumi ini. Bagaimana menghabiskan akhir ini? ada yang punya rencana? apapun rencananya bisa dilakukan kalau sehat, semoga kamu selalu sehat. Aamiin YRA

Sobat yang sering berkunjung ke sini tentu merasa ada sedikit perubahan pada menu horizontal Bizril blog yang di atas, memang minggu ini menu telah diubah, asalnya menggunakan bahasa Inggris, sekarang menjadi bahasa Indonesia. Trus apa yang aneh? cuma perubahan menu saja..


Langsung saja dijawab, yang aneh adalah ada sebuah menu yang masih tetap tidak berubah, masih menggunakan bahasa Inggris? ayo.. menu apa coba? dia adalh menu Home, iya kan?? menu itu masih tetap menggunakan bahas Inggris, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya rumah.

Itu dia yang jadi topik bahasan utama di posting ini. Apakah sobat pernah menemukan website/blog yang menggunakan kata Rumah pada menu? pasti ada, bahkan mungkin banyak, tapi tujuannya mungkin benar-benar memuat tautan (link) tentang rumah yang berarti hunian, tempat tinggal. Adapun yang dimaksud home dalam bahasan ini adalah homepage atau halaman utama, mungkin sangat jarang yang menulis menu yang artinya halaman utama dengan kata rumah, umumnya website/blog berbahasa Indonesaia menggunakan kata Beranda untuk mengganti kata home dari bahasa Inggris.

Nah.. terus kenapa di sini tidak ditulis Beranda? sobat bisa lihat di bagian paling kanan pada horizontal menu blog ini ada lagi sesuatu yang baru, yaitu dua buah gambar bendera yang mana artinya adalah itu sebagai alat penterjemah/translater (baca : ), tentu saja ada maksudnya juga kenapa tidak ditulis menggunakan text saja seperti menu lainnya? misalnya Terjemahkan atau Translate?? ada yang tahu alasannya?

Baiklah kita bahas saja alasannya satu per satu, Bizril blog masih mempertahankan kata Home pada menu yang notabene itu adalah kata dalam bahasa Inggris, biasanya blog lain menggunakan kata Beranda. Bizril blog sengaja tidak menggunakan kata Beranda karena berhubungan dengan terjemahan, kalau menggunakn kata Beranda maka jika ada orang yang menggunakan terjemahan Bizril blog ke dalam bahasa Inggris, menu Rumah akan diterjemahkan menjadi Veranda, bukan menjadi Home, kata Veranda tidak lazim digunakan pada blog berbahasa Inggris untuk mendefinisikan homepage (halaman utama/halaman muka), lazimnya menggunakan kata Home (bukan Veranda), lantas kenapa saya tidak menggunakan kata Rumah yang kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi Home? karena kata Rumah juga tidak lazim digunakan pada blog berbahasa Indonesia untuk mendefinisikan tautan ke halaman muka/halaman utama (homepage). itu dia alasan kenapa Bizril blog masih menggunakan kata Home, karena kata tersebut sudah sangat umum dan lazim dipakai, baik dalam blog berbahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa lainnya.

Sampai saat ini Bizril blog belum menemukan kata yang tepat dalam bahasa Indonesaia yang lazim dipakai, dan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Home, karena kata Home lazim dipakai oleh blog berbahasa Inggris untuk mendefinisikan homepage. Mungkin untuk mewakili arti homepage yang dapat dimengerti kebanyakan pengguna internet adalah dengan menggunakan gambar/icon bergambar rumah untuk mendefinisikan tautan ke homepage / halam muka.

Kemudian satu hal lagi mengenai menu terjemahan (translate). Mungkin sobat pernah atau mungkin banyak menemukan alat penterjemah pada blog menggunakan kata Translate, sangat sedikit blog berbahasa Indonesia yang menggunakan kata Terjemahan, tapi banyak yang menggunakan gambar bendera yanga artinya alat penterjemah (translater). Bizril blog mengikuti langkah kebanyakan blogger menggunakan gambar bendera, tetapi disederhanakan menjadi 2 gambar bendera saja yang mewakili arti/simbol bahwa itu alat penterjemah. Alasan kenapa tidak menggunakan menu text seperti menu lainnya? karena bingung mau menggunakan bahasa apa? jika menggunakan bahasa Indonesia yaitu Terjemahan atau Alat Penterjemah, pasti pengunjung yang hanya tidak bisa bahasa Indonesia tidak akan menemukan alat penterjemah di Bizril blog, trus kenapa tidak menggunakan kata Translate? alasannya bagaimana jika pengunjung Bizril blog tidak mengerti bahasa Inggris? karena pengunjung Bizril blog ada juga yang tidak bisa bahasa Inggris. Itulah alaan mengapa menggunakan gambar bendera sebagai simbol alat penterjemah (translater) untuk mewakili kata Terjemahan atau Translate.

Adapun perubahan yang dilakukan oleh Bizril blog pada menu yang awalnya semua menggunakan bahasa Inggris, sekarang banyak yang diganti menjadi bahasa Indonesia, semuanya dilakukan demi untuk meningkatkan pelayanan dengan tujuan lebih memberikan kepuasan kepada pengunjung dan semaksimal mungkin menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan pada Bizril blog. Sebelumnya menggunakan bahasa Inggris karena memang pada awalnya Bizril blog menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa blog ini, sobat bisa lihat dari awal posting Bizril blog menggunakan bahasa Inggris, sampai tahun 2012 di mana Bizril blog beralih menggunakan postingan berbahasa Indonesia, walaupun pada saat itu belum semua diubah ke bahasa Indonesia, seperti menu yang baru diubah minggu ini.

Contoh pada gambar-gambar di bawah ini diambil dari beberapa situs kementerian dan pemerintahan daerah Republik Indonesia.

+ Menggunakan menu Beranda dan diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi Veranda

Menu Home 1

Menu Home 2

Menu Home 3

+ Tetap menggunakan kata Home untuk mendifinisikan tautan ke halaman utama

Menu Home 4

Menu Home 5

Menu Home 6

+ Menggunakan gambar/icon rumah untuk mendifinisikan tautan ke halaman utama

Menu Home 7

Menu Home 8

Demikian bahasan topik tentang menu Home. Semoga bermanfaat.

Baca juga post Bizril blog yang lain :

+ OpenAndClose Membuka Blog Otomatis

+ Hotspot Gratis dengan Linksys WRT54GL

+ Update Google Pagerank Tahun 2014

+ Terjemahan Pada Blog Sendiri

+ Minta Ditelusuri dan Diindex Google

menu blog, menu home, menu beranda, bahasa blog, homepage, bloga bahasa indonesia, blog bahasa inggris, beranda blog, menu beranda, terjemahan, translate, terjemahan blog, terjemahan bahasa

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.