BizriL blog

11.1.15     + Bagikan / Simpan Post Ini

Mengenal Kode Script Template Blogger

Mengenal Kode Script Template Blogger
Halo sobat blogger, selamat pagi di penghujung pekan yang cerah, semoga kita selalu diberkahi anugerah kesehatan agar kita senantiasa dapat menikmati akhir pekan seperti ini.

Mungkin tidak aneh buat seorang blogger untuk mengutak-atik dan ngoprek template agar tampilan blognya lebih bagus daripada menggunakan template aslinya, baik script asli bawaan maupun script lain yang bisa diperoleh dan didownload secara gratis. Tetapi tahukah kamu mengenai kode-kode script itu ?


Pada posting ini Bizril mau membahas tentang mengenal kode script template blogger agar bisa memahami tentang kode script pada blogger, tentu saja jika sudah memahaminya, paling tidak bisa memahami tentang struktur script yang ada pada blogger, bisa ngoprek kode-kode script tersebut dengan lebih baik.

Untuk mengenal kode script template blogger tidak diperlukan pengetahuan khusus tentang pemrograman web, kecuali jika kamu ingin mempelajarinya lebih dalam bisa belajar secara online dari berbagai situs seperti www.w3schools.com

Di dalam template blogger terdapat 3 macam script yang berbeda, penggunaan kode script berupa 3 macam bahasa pemrograman yang berbeda itu ternyata lebih memudahkan blogger untuk memahami dan mengedit script pada template blogger, masing-masing script memiliki tugas tertentu yang saling melengkapi.

3 macam kode script dengan bahasa pemrograman berbeda itu adalah :

+ HTML (HyperText Markup Language)

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII (standar internasional dalam kode huruf dan simbol untuk software) agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal.

Pada template blogger kode HTML digunakan sebagai bahasa utama dan digunakan untuk menempatkan obyek pada blog, seperti obyek header, obyek post, obyek footer dan widget, serta memanggil beberapa fungsi yang sudah dibuat menggunakan oleh bahasa lain seperti CSS dan JavaScript.

Kode HTML biasanya diawali dan diakhiri menggunakan tag khusus yang sesuai dengan fungsinya, misal <div></div>, <p></p>, dsb. Untuk lebih memahami fungsi berbagai tag pada HTML bisa dipelajari pada situs www.w3schools.com/html/

Pada saat ini template pada blogger menggunakan HTML versi 1 dan versi 2 dengan tipe penterjemahan kode menggunakan UTF-8, walaupun HTML sendiri sudah mencapai versi 5

Tag adalah kode HTML yang diawali dengan tanda < dan diakhiri dengan tanda >, misal : <div>, <p>, <a> dsb.

+ CSS (Cascading Style Sheet)

Sebetulnya Cascading Style Sheet (CSS) bukan bahasa pemrograman, tetapi merupakan bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan serta mengendalikan beberapa obyek/komponen dalam template blogger sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan web/blog yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

Pada template blogger CSS dideklarasikan di bagian/blok head pada template, CSS dianggap sebagai deklarasi sebuah variabel yang terdiri dari satu atau lebih style/pengaturan yang akan dipanggil dan digunakan oleh HTML untuk mengatur tampilan blog.

Penulisan CSS diawali oleh sebuah Selector (nama variabel) dan diikuti oleh tanda { kemudian deklarasi / pengaturan style dan diakhiri dengan tanda }, misal :

CetakTebal {
  font-style : bold;
}

Nama variabel disebut Selector, pada contoh kode di atas CetakTebal adalah sebagai Selector. dan pengaturan style yang diapit oleh tanda { } disebut deklarasi (declaration).

Pengaturan deklarasi style dari oleh suatu selector terdiri atas Properti dan Value. Pada contoh kode di atas font-style adalah sebagai property dan bold adalah sebagai value, adapun kegunaan fungsi kode CSS di atas adalah untuk memberikan nilai (value) tebal (bold) pada property font-style.

Jika dalam sebuah selector terdapat lebih dari 1 deklarasi style, maka penulisan deklarasi style pada CSS harus diakhiri dengan tanda titik koma (;), untuk memisahkan style yang satu dengan style yang lainnya, kecuali untuk deklarasi paling akhir sebelum tanda } diperbolehkan tidak menggunakan tanda titik koma (;)

CSS digunakan pada template blogger untuk mengatur berbagai tampilan pada blog. Untuk memahami dan mempelajari berbagai macam property pada CSS dapat dipelajari pada situs www.w3schools.com/css/

Sebuah variabel/selector pada CSS bisa digunakan dan dipanggil beberapa kali oleh script HTML, sesuai dengan kebutuhan.

+ JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah / browser web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape, Opera dsb.

Pada template blogger banyak digunakan JavaScript sebagai fungsi yang melakukan sebuah / beberapa tugas tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh kode script HTML, serta mendeklarasikan berbagai variabel yang akan digunakan oleh fungsi JavaScript lainnya.

Penulisan JavaScript pada blok HTML diawali dengan tag <script type="text/JavaScript"> diikuti kode / kumpulan kode javascript dan diakhiri dengan tag </script> Jika terdiri atas kumpulan kode JavaScript, maka pada akhir sebuah kode script harus diakhiri dengan tanda titik koma (;)

Penggunaan JavaScript pada template blogger ada yang secara langsung, di mana kumpulan script langsung berada di dalam template, ada juga yang secara tidak langsung / terpisah, di mana kode script berada pada suatu file dengan extensi .js yang berada di luar template blogger. Untuk kode script yang berada di luar template blogger.

Pemanggilan kode script dari sebuah file berextensi .js menggunakan fungsi src pada tag script, misal : <script type="text/JavaScript" src='http://code.jquery.com/jquery-latest.js' > artinya kode script berada di sebuah file dengan nama jquery-latest.js yang berada di situs http://code.jquery.com/

Untuk lebih memahami dan mempelajari tentang kode JavaScript bisa dipelajari di situs www.w3schools.com/js/

Demikian pembahasan untuk mengenal kode script pada template blogger, untuk lebih memahami dan mempelajari tentang kode script silahkan cari di berbagai situs web yang menyediakan pembelajaran tentang script/bahasa pemrograman web seperti www.w3schools.com atau situs lainnya yang tentunya bahasanya bisa dimengerti, hehe..

Semoga bermanfaat.

Baca juga post Bizril blog yang lain :

+ Edimax BR-6228nc V2 Wireless Router Multi Fungsi

+ Menambahkan Nomor Halaman Pada Blogger

+ Backlink Gratis dari SItus Media Berita Online

+ Menyambut Tahun Baru 2015 Masehi

+ Tips Trick Main Game Pets di Tagged

Kode, Script, Bahasa, Pemrograman, Web, CSS, HTML, Javascript, Tips, Blogger, Template

facebook comments
logo32g 3 comments

3 komentar:

  1. klo melihat dari struktur nya emang mudah untuk di pelajari tapi malesnya itu yang g mudah di ilangin

    BalasHapus
  2. Bizril Blog ™10:46 AM

    JKT48Senbatsu.com : Kalau sudah paham paling tidak bisa mengerti saat copas widget dari blog tetangga, kode apa yang di copas tersebut.
    Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di sini.

    BalasHapus
  3. kalau untuk kode seperti ini maksudnya apa ya mas?
    var _0x1212=["\x65\x6E\x74\x72\x79","\x66\x65\x65\x64","\x24\x74","\x74\x69\x74\x6C\x65","","\x6C\x65\x6E\x67\x74\x68","\x73\x75\x62\x73\x74\x72\x69\x6E\x67","\x2E\x2E\x2E","\x6C\x69\x6E\x6B","\x72\x65\x6C","\x72\x65\x70\x6C...
    dan bagaimana cara menggantinya?

    BalasHapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.