4.1.19

Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula

Hai, selamat malam semua sobat Bizril di seluruh dunia, apa kabar kamu di awal tahun 2019 ? Semoga awal tahun ini menjadikan kamu lebih termotivasi untuk terus maju dan sukses ! Aamiin YRA

Artikel ini sangat cocok untuk para pemula yang baru akan mulai belajar bahasa pemrograman web, bahasa pemrograman apa yang harus lebih dahulu dipelajari ? HTML dulu atau PHP dulu atau CSS dulu atau Java dulu ?
Pertanyaan ini sering muncul dan sangat membingungkan, khususnya bagi para pemula yang baru mau atau tahap awal belajar pemrograman web, pikiran itu sama seperti Bizril saat mau belajar pemrograman web beberapa tahun lalu.

Teknis pemrograman web memang sangat berbeda dengan pemrograman desktop, karena biasanya tidak memiliki editor aplikasi khusus seperti Delphi atau Visual Basic yang memiliki editor khusus, jika ada hanya berupa editor pembantu bukan interpreter (penterjemah) bahasa pemrograman secara langsung, seperti Dreamweaver.
Kode pemrograman web bisa dibuat menggunakan editor text sederhana seperti notepad, karena memang pemrograman web pada dasarnya berupa text yaitu HTML (Hyper Text Markup Language) yang bisa diterjemahkan oleh aplikasi browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome atau aplikasi browser lainnya.
Saya pribadi lebih banyak menggunakan notepad++ sebagai editor dan Google Chrome untuk aplikasi browser.




Untuk mempelajari pemrograman web sangat banyak caranya, bisa melalui sekolah resmi atau belajar sendiri (otodidak), saya belajar otodidak melalui bantuan Google. Sebagai referensi untuk pemula sangat banyak sumbernya, bisa dari buku pemrograman web atau dari situs-situs yang menyediakan seri belajar pemrograman web seperti w3school.com yang sering saya gunakan dan ada juga yang langsung dari website si pembuat bahasa pemrograman tersebut, tergantung dari sumber referensi mana yang nyaman untuk digunakan.
Sebagai klu yang sangat mudah membantu untuk mempelajari pemrograman web adalah penguasaan bahasa Inggris, karena hampir semua bahasa pemrograman web menggunakan bahasa Inggris, demikian juga sumber referensi banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain referensi ada juga berbagai situs di internet yang menyediakan bantuan jika ada kendala dalam belajar pemrograman web, misalnya stackoverflow.com yang menyediakan banyak sekali bantuan permasalahan yang sumber pembantunya dari para programmer itu sendiri, baik yang sifatnya untuk pemula bahkan untuk para programmer senior, saya pribadi masih sering menggunakan situs bantuan jika mengalami kebuntuan atau kesalahan dalam membuat program web.
Kemudian banyak juga situs-situs yang menyediakan kode / souce program yang bisa digunakan sebagai pustaka untuk membantu pekerjaan program yang sedang kita buat agar lebih mudah, tanpa harus membuat kode sendiri hanya tinggal menggunakan pustaka yang sudah ada, referensi pustaka yang sering saya gunakan adalah github.com

Kembali ke permasalahan tadi di atas, harus dari mana saya mulai ? bahasa pemrograman web apa yang pertama harus dipelajari ?
Karena banyaknya bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP, Java, Pearl, SQL dsb. Saya menyarankan untuk para pemula yang baru mau mempelajari pemrograman web agar memulai tahap belajar dari yang paling dasar yaitu bahasa HTML, mengapa? Karena bahasa HTML merupakan bahasa pemrograman web yang paling dasar dan akan sering ditemukan hampir di semua aplikasi yang akan dibuat / dikembangkan, dengan HTML paling tidak dapat membuat aplikasi paling sederhana dan banyak bahasa pemrograman web lain yang akan tetap harus menggunakan bahasa HTML.

Setelah menguasai bahasa HTML terus bahasa pemrograman web apa ?
Untuk ini ada jawabannya bervariasi.. tergantung ke arah mana kamu akan melanjutkan pembelajaran, apakah akan mempelajari masalah tampilan atau akan mempelajari basis data ?

Jika ingin mempelajari tampilan kamu bisa lanjut ke belajar bahasa CSS (Cascading Style Sheet), karena bahasa ini secara khusus mengurus untuk masalah tampilan, seperti posisi, jarak, warna dasar, warna tulisan, rata kiri, tengah atau kanan, jenis dan ukuran huruf, lebar, tinggi, tebal, tipis dan sebagainya terkait dengan masalah tampilan.




Jika ingin mempelajari basis data kamu bisa lanjut ke belajar bahasa PHP (Hypertext Preprocessor). PHP sangat berbeda dengan bahasa pemrograman web lainnya, biasanya PHP lebih banyak bekerja di belakang sistem yaitu di sisi (server side) sebagai pendukung daripada bekerja di depan untuk menampilkan hasil, PHP sangat banyak digunakan untuk mengurus data di sisi server, mulai dari mengurus koneksi basis data, menyimpan, mengambil dan menghapus data dari database, koneksi / relasi antar tabel, menyaring data dan sebagainya yang berurusan dengan data lebih banyak dikerjakan oleh PHP.

Untuk mempelajari PHP sedikitnya harus memahami dulu dasar bahasa SQL karena pengelolaan basis data melibatkan bahasa SQL. Berbagai macam bahasa SQL populer sering digunakan dalam pemrograman web, mulai dari yang gratisan seperti MySQL sampai yang berbayar seperti SQL Server, Oracle, dsb. Untuk pemula bisa menggunakan MySQL sebagai fasilitas untuk mulai belajar bahasa pemrograman web yang sifatnya gratis.

Untuk mempelajari PHP harus sedikit menguasai bahasa Javascript, karena sangat ribet jika menggunakan bahasa HTML secara keseluruhan. Selanjutnya bahasa Javascript yang lebih banyak dipergunakan untuk menjembatani interaksi antara pengguna aplikasi dan aplikasi itu sendiri, kegiatan-kegiatan pengguna dengan aplikasi web secara mudah dijembatani oleh Javascript, misal pengguna melakukan klik, double klik, buka aplikasi, dan sebagainya. Kegiatan pengguna aplikasi yang ditangani oleh Javascript selanjutnya bisa ditangani oleh bahasa lain seperti HTML, CSS, PHP atau oleh Javascript itu lagi sesuai kebutuhan.

Selain itu Javascript juga bisa mengurus fungsi tertentu sesuai kebutuhan serta mempercantik tampilan tapi berbeda dengan CSS. Javascript juga handal dalam mengurus animasi dan efek-efek lainnya seperti yang sering dipakai pada aplikasi games.
Perkembangan Javascript sangat populer dan banyak dikembangkan ke berbagai pustaka dengan keperluan yang berbeda, misal Ajax, Jquery, Json, dsb. yang dasarnya menggunakan bahasa Javscript.

Untuk pemula mungkin uraian di atas dianggap cukup dan bisa mulai mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut, agar cepat menguasai bahasa pemrograman web harus sering berlatih dan belajar membuat aplikasi untuk kebutuhan tertentu. Setelah lancar bisa ditingkatkan lagi dengan mempelajari bahasa pemrograman web yang lebih modern, walaupun pada dasarnya merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman web yang ada seperti tadi Javascript yang terus berkembang sesuai kemajuan jaman.

Tidak ada kata terlamabat untuk belajar. Selamat belajar dan semoga sukses !

Related Posts

Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula
4/ 5
Oleh

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.