BizriL blog

16.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Memilih Kartu Grafis GeForce

Tips Memilih Kartu Grafis GeForce
Hai rekan-rekan blogger di mana saja kamu berada, apa kabar hari ini? semoga kita selalu sehat dan bisa melaksanakan rutinitas dengan baik.

Untuk mendukung pekerjaan tertentu diperlukan komputer PC / laptop, walaupun teknologi smartphone dan tablet sudah mendukung untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat, tapi untuk pekerjaan berat seperti video editing dan pemrograman dibutuhkan PC / laptop yang kinerjanya lebih tangguh.


Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat kita harus bisa menyesuaikan diri, tapi bukan berarti selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru (uptodate), menyesuaikan penggunaan teknologi sesuai dengan tuntutan / kebutuhan pekerjaan adalah hal yang paling bijaksana.

Saya masih menggunakan Asus K40IE yang dibeli 4 tahun lalu dan sampai sekarang masih bagus dan bisa dipakai dengan baik, tetapi kebutuhan / tuntutan pekerjaan yang semakin berat sehingga harus menyesuaikan laptop dengan teknologi lebih baru, pilihan jatuh pada Gigabyte P34G v2, walaupun harganya mahal tapi spesifikasinya sangat mendukung untuk pekerjaan.

Yang membuat saya tertarik pada Gigabyte P34G v2 adalah kelebihannya pada teknologi kartu grafis (graphic card) yang digunakan yaitu menggunakan nVidia GeForce GTX 760M DDR5 2GB yang sangat mendukung untuk pekerjaan video editing, sebelumnya Asus K40IE menggunakan nVidia GeForce 310M 512 MB.

Untuk memilih kartu graphic tentunya harus mengetahui tipe kartu grafis itu sendiri, khusunya untuk nVidia GeForce ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menentukan pilihan. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya ada beberapa seri / tipe nVidia GeForce yaitu :

+ Kode Depan, dari urutam paling rendah ke paling tinggi :
GS - GT - GTS - GTX

Khusus untuk kode GX2 artinya menggunakan dual GPU

+ Generasi, angka menunjukkan urutan dari paling rendah ke paling tinggi :
1xx - 2xx - 3xx - 4xx - 5xx - 6xx - 7xx - 8xx - 9xx

+ Kelas, angka menunjukkan urutan dari paling rendah ke paling tinggi :
x1x - x2x - x3x - x4x - x5x - x6x - x7x - x8x - x9x

Khusus yang memiliki kode x9x artinya menggunakan dual GPU, semakin tinggi kelas artinya semakin bagus performanya.

+ Kode Belakang, menunjukkan perbedaan performa, yang memiliki kode belakang memiliki performa lebih bagus

Contoh :

+ nVidia GeForce GT680M artinya kartu grafis itu memiliki tipe GT generasi ke-6 kelas 80

+ nVidia GeForce GT750M artinya kartu grafis itu memiliki tipe GT generasi ke-7 kelas 50

Dari 2 contoh di atas tipe GT680M memiliki kualitas / performa lebih baik bagus, karena beda kelasnya lumayan jauh, walaupun tipe GT750M merupakan generasi yang lebih baru tetapi perbedaan generasinya cuma 1 tahap saja.

Pada Gigabyte P34G v2 digunakan dua kartu grafis yaitu Intel HD Graphics 4600 dan nVidia GeForce GTX 760M. Dua kartu grafis itu tidak berjalan bersamaan, tetapi menyesuaikan dengan jenis pekerjaan, saat melaksanakan pekerjaan ringan yang tidak membutuhkan kinerja grafis tinggi seperti mengetik dan browsing berjalan dengan kartu grafis Intel HD karena tidak membutuhkan kerja yang berat, tapi saat memutar film dengan kualitas HD, main game atau mengedit film maka akan beralih otomatis menggunakan nVidia GeForce karena membutuhkan performa/kinerja yang lebih tinggi. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penggunaan listik (power) baterai agar lebih irit.


Dalam memilih laptop dan kartu grafis di dalamnya tentu harus menyesuaikan dengan tuntutan pekerjaan dan tentunya ketersediaan dana, mungkin akan percuma kalau membeli laptop dengan kualitas tinggi tapi hanya dipergunakan untuk pekerjaan yang ringan saja.

Semoga bermanfaat.

Baca juga post Bizril blog yang lain :

+ 3 Situs Jual Beli Online Paling Aman

+ Hack Password Hotspot

+ Apa yang Paling Tepat untuk Menu Home ?

+ OpenAndClose Membuka Blog Otomatis

memilih kartu grafis, memilih geforce, memilih kartu grafis geforce, mengetahui tipe kartu grafis, mengetahui tipe geforce, kode tipe geforce, kode seri geforce, tips memilih kartu grafis, tips memilih geforce

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.