BizriL blog

18.12.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Cek Koneksi Internet Speedy

Cek Koneksi Internet Speedy
Selamat siang rekan-rekan blogger? Siang ini panas cukup terik biasanya kalau panas terik di musim hujan maka sore atau malamnya hujan akan turun cukup lebat dan disertai angin kencang. Semoga kita dilindungi dari segala bencana pada musim hujan, Aamiin YRA

Tadi malam saat hujan lebat disertai ledakan-ledakan petir yang sangat keras, koneksi internet juga sangat lambat dan putus-putus, padahal modem ping ke modem hotspot tetangga lancar jaya, mungkin koneksi speedy nge-drop saat hujan dan angin kencang itu, atau mungkin ada kabel yang tertimpa pohon tumbang tertiup angin kencang.


Untuk yang berada di kota besar mungkin banyak pilihan penyedia jasa layanan internet / internet provider (ISP) yang menyediakan layanan bagus, tapi untuk yang berada di daerah masih ketergantungan kepada Telkom Speedy sebagai ISP yang menyediakan jasa internet dengan koneksi yang lumayan dan harga yang terjangkau, walaupun sebenarnya masih sangat banyak masalah dengan koneksi internet Speedy . Oleh karena itu maka siang ini Bizril blog mau membahas tentang cara cek koneksi internet Speedy.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan internet, Speedy adalah salah satu perusahaan yang jangkauannya paling luas, hal ini disebabkan karena koneksi internet Speedy menggunakan jaringan kabel telepon PT.Telkom sebagai induk perusahaan Speedy. Jaringan kabel telepon banyak yang usianya sudah tua sehingga banyak gangguan pada jaringannya, adapun untuk koneksi baru menurut informasi dari orang lapangan Telkom menggunakan kabel dengan tembaga yang lebih jelek daripada kabel sebelumnya. Ada juga sebagian jaringan yang tumpang tindih dan berdekatan dengan jaringan listrik, itulah beberapa hal yang menyebabkan kurang baiknya koneksi internet Speedy.

Untuk cek koneksi koneksi Speedy sebetulnya bukan hal yang susah, bisa diliat langsung pada status modem yang digunakan untuk konek ke internet Speedy. Jika koneksi internet speedy sangat lambat atau sering putus dan tidak konek, coba cek koneksi internet Speedy kamu. Cara cek koneksi internet speedy adalah sebagai berikut.

1. Buka browser internet

2. Pada address bar ketik 192.168.1.1 (default IP address modem Speedy) lalu tekan ENTER

3. Muncul setting modem

4. Pada menu Status, lihat bagian-bagian berikut :

+ WAN : Pada VPI/VCI 8/81 status harus UP (artinya konek, kalau Down berarti tidak konek)

+ SNR Margin : adalah perbandingan antara sinyal dan gangguan terhadap sinyal (noise). Angka SNR harus besar, semakin besar angka SNR berarti koneksi kecepatan semakin bagus.
Berikut ini adalah keterangan tentang angka SNR :

29,0 dB ~ ke atas = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 28,9 dB = Excellent (bagus), koneksi stabil.
11,0 dB ~ 19,9 dB = Good (baik), sinkronisasi sinyal ADSL dapat berlangsung lancar.
07,0 dB ~ 10,9 dB = Fair (cukup), rentan terhadap variasi perubahan kondisi pada jaringan.
00,0 dB ~ 06,9 dB = Bad (jelek), sinkronisasi sinyal gagal atau tidak lancar (terputus-putus).

+ Line Attenuation : adalah penurunan kualitas sinyal dari tempat modem pelanggan sampai di perangkat DSLAM (biasan DSLAM ada di STO Telkom terdekat)Angka Line Attenuation kecil, semakin kecil angka Line Attenuation berarti koneksi internet semakin bagus.
Berikut ini adalah keterangan tentang angka Line Attenuation :

00,0 dB ~ 19,99 dB = Outstanding (bagus sekali)
20,0 dB ~ 29,99 dB = Excellent (bagus)
30,0 dB ~ 39,99 dB = Very good (baik)
40,0 dB ~ 49,99 dB = Good (cukup)
50,0 dB ~ 59,99 dB = Poor (kurang), kemungkinan timbul masalah koneksi (tidak lancar, dsb).
60,0 dB ~ ke atas = Bad (jelek), pasti akan timbul banyak gangguan koneksi.

Biasanya koneksi internet apapun sumbernya, baik itu Speedy, broadband atau fiber optik, akan mengalami penurunan kecepatan pada jam-jam sibuk, yaitu antara jam 8 pagi s/d jam 4 sore dan jam 6 sore s/d jam 9 malam, hal itu normal terjadi karena pada jam itu lalu lintas jaringan sangat sibuk, mirip seperti jalan lalu lintas jalan raya di kota besar.

Namun jika di luar jam-jam sibuk sering terjadi gangguan, maka sudah bisa dipastikan bahwa itu tidak normal, ada gangguan pada koneksi internet, baik gangguan pada jaringan maupun gangguan yang lain seperti posisi peletakkan modem yang tidak benar, kondisi listrik yang digunakan, serta pengaruh virus/warm yang ada di pc.

Jika diyakini bahwa gangguan koneksi internet karena jaringan Speedy, bisa dilakukan pengaduan ke nomor telepon khusus untuk melayani pengaduan pelanggan, cara yang paling efektif untuk pengaduan menurut pengalaman saya adalah dengan melakukan pengaduan langsung atau di website Telkom atau mengirim email ke pelayanan pelanggan Telkom.

Semoga bermanfaat.

Baca juga post Bizril blog yang lain :
+ Membuat dan Mengedit Screenshot dengan Paint
+ Memilih Kartu Grafis GeForce
+ 3 Situs Jual Beli Online Paling Aman
+ Hack Password Hotspot
+ Apa yang Paling Tepat untuk Menu Home ?

cek koneksi internet, cek koneksi speedy, cek koneksi internet speedy, cek speedy, cek modem speedy, kecepatan internet speedy, gangguan speedy, gangguan internet speedy, ganguan koneksi speedy

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.