BizriL blog

7.5.16     + Bagikan / Simpan Post Ini

Cara Pengisian Lamaran Pendamping Desa 2016

Cara Pengisian Lamaran Pendamping Desa 2016
Bagaimana cara menginput data pribadi pelamar saat melakukan registrasi pendaftaran di website Kemendesa? Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh calon pelamar seperti cara mengisi pengalaman kerja, cara menuliskan tanggal lahir bahkan cara mengisi nomor ijazah pun juga banyak sekali ditanyakan.

Berikut ini sedikit panduan bagaimana cara pengisian data pendaftaran pendamping desa yang paling banyak ditanyakan.

Cara Pengisian Lamaran Pendamping Desa 2016

1. Bagaimana cara menuliskan nomor ijazah yang benar?

Untuk penulisan nomor ijazah, hanya huruf, angka, spasi, dash (garis hubung), titik dan koma yg diperbolehkan dengan panjang 5 sampai 30 karakter. Jadi kalau misal nomor ijazah anda terdapat garis miring pasti error saat diinput. Hilangkan tanda garis miring dan ganti dengan spasi.

2. Bagaimana cara penulisan tanggal lahir?
Pengisian tanggal lahir pada website menggunakan format MM/DD/YY atau Bulan/Tanggal/Tahun. Misal tanggal lahir 15 Mei 1977, maka penulisannya menjadi 05/15/1977. Urutan penulisan pada web sebaiknya dimulai dengan tahun, bulan dan terakhir klik tanggal. Caranya dengan mengklik tanda panah hitam kecil disudut kolom pengisian tanggal lahir. Geser atau scroll dengan mouse untuk mendapatkan tahun yang diinginkan lalu klik pada tahun tersebut. Kemudian tinggal pilih bulan dan tanggalnya, beres..!
Cara pengisian tanggal kelulusan pada ijazah sama persis dengan cara mengisi tanggal lahir.

3. Bagaimana cara mengisi kolom pengalaman di pemberdayaan masyarakat?
Dihalaman web terdapat 3 baris dan 2 kolom untuk pengisian pengalaman kerja. Pada kolom sebelah kiri cukup diisikan jumlah angka bulannya saja, sedangkan pada kolom sebelah kanannya cukup dituliskan bulan. Misal pengalaman kerja sudah 2 tahun di perberdayaan masyarakat, maka pengisiannya: kolom kiri=24, kolom kanan=Bulan. Bagaimana kalau pengalamannya banyak sementara cuma ada 3 baris isian? Boleh saja dikumulatifkan (dijumlahkan) total bulan pengalaman kerjanya, atau pilih 3 yang jumlah bulannya paling banyak. Yang pasti pedomannya harus terpenuhi kalau PLD harus minimal 2 tahun (24 Bulan), PD yang D3 minimal 4 tahun (48 Bulan) S1 2 tahun (24 Bulan) dan TA harus 5 tahun (60 Bulan). Jika ada pengalam kerja lain yang tidak termuat saat pengisian dihalaman web mohon untuk file scan-nya TETAP DILAMPIRKAN saat mengirimkan email softcopy berkas lamaran ke Panitia Seleksi (panpel) provinsi masing-masing.

4. Bagaimana kalau kecamatan di lokasi (kabupaten) domisili saya tidak tercantum di halaman website?
Gampang saja, suruh saja pak Menteri mencantumkan kecamatan anda he he. Penjelasannya seperti ini, misal dalam 1 Kabupaten terdapat 5 kecamatan yaitu A, B, C, D dan E, sementara pada saat mendaftar online kecamatan C tidak ada. Itu artinya jumlah kuota PLD dan PD untuk kecamatan C sudah terpenuhi atau dengan kata lain sudah ada PLD dan PD yang bertugas aktif di Kecamatan C tersebut. Kasus yang sama untuk tenaga ahli atau TA. Jika terdapat kabupaten yang tidak tercantum dihalaman web, berarti di kabupaten tersebut sudah ada Tenaga Ahli yang bertugas. Pilihan buat anda yaitu tinggal memilih lokasi kecamatan atau kabupaten yang tersedia. Yang penting masih dalam 1 Kabupaten atau dalam lingkup 1 provinsi.

Untuk sementara cuma 4 poin diatas yang membuat banyak calon peserta bingung dalam Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa 2016. Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk anda. Jika masih ada pertanyaan lain, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Bizril blog :


facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.