7.5.16

Cara Mengirim Berkas Lamaran Pendamping Desa 2016

Cara Mengirim Berkas Lamaran Pendamping Desa 2016
Pada tahun 2016 ini Kementerian Desa PDTT Kembali membuka pendaftaran Tenaga Pendamping Desa tahun 2016.

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti seleksi rekrutmen tenaga pendamping profesional Kemendesa tahun 2016, silahkan dibaca dulu panduan cara pendaftaran pendamping desa 2016 berikut ini :

Setelah tahapan pengisian data pelamar pendamping desa selesai anda lakukan, maka langkah selanjutnya yaitu mengirimkan berkas lamaran berupa dokumen softcopy (hasil scan) ke alamat email panitia seleksi di masing-masing provinsi. Bagaimana cara mengirimkan email tersebut? Simak panduan dan penjelasannya berikut ini.


Jika anda sudah menyelesaikan proses registrasi online dengan pengisian data yang benar pastinya anda akan mendapatkan Nomor Registrasi yang tercantum dalam pesan tampilan layar seperti dibawah ini.


Selanjutnya anda diminta untuk mengklik link tautan http://pendamping2016.kemendesa.go.id/cetak.php untuk melakukan proses cetak Kartu Seleksi. Masukkan Nomor Registrasi (8 digit) atau NIK pada kolom yang tersedia dan klik tombol TAMPILKAN. Maka pada layar monitor anda akan muncul Kartu Seleksi yang sudah terpasang scan KTP serta data pribadi anda seperti dibawah ini.


Kemudian tekan tombol Download Kartu yang terdapat dibagian bawah tampilan Kartu Seleksi tersebut, maka anda akan mendapatkan file unduhan Kartu Seleksi anda dalam format PDF. Nama file hasil download adalah KartuPeserta_12345678.pdf (diikuti Nomor Registrasi 8 digit anda) atau KartuPeserta_xxxxxxxxxxxxxxxx.pdf (diikuti 16 digit NIK anda) tergantung nomor yang mana yang anda masukkan pada saat proses cetak. Simpan file PDF kartu peserta ini karena harus disertakan juga dalam dokumen yang akan dikirimkan melalui email ke panitia seleksi provinsi. Kedua, kartu tersebut juga wajib anda bawa nanti pada saat mengikuti tes tertulis, tentu saja yang dibawa saat tes adalah hasil printnya bukan file.

Berikutnya perhatikan kembali ke gambar-1 diatas, tulisan “Pengumuman tes tertulis akan diinformasikan lebih lanjut melalui email yang terdaftar”. Maksudnya, kapan waktu atau tanggal pelaksanaan tes tertulis akan diberitahukan langsung oleh Panitia Seleksi Provinsi ke alamat email pribadi yang anda cantumkan saat mengiisi data email. Jadi usahakan jangan menggunakan alamat email orang lain, teman atau keluarga. Resiko kalau informasinya tidak disampaikan oleh pemilik email kepada anda silahkan tanggung sendiri.

Masih di gambar-1 juga terdapat pemberitahuan, “Peserta diwajibkan mengirimkan dokumen softcopy (kartu peserta seleksi, ktp, cv, ijazah terakhir dan dokumen pendukung sesuai cv) ke alamat email sesuai domisili provinsi pelamar”. Maksudnya adalah semua berkas dokumen yang diminta tersebut harus anda kirimkan ke panitia seleksi di provinsi masing-masing. Perhatikan dibagian bawah gambar-1 terdapat alamat email tujuan pengiriman yaitu panselpp2016.jateng@outlook.com. Kenapa dikirim kesini ? Karena si pelamar (lihat gambar-2) berasal dari Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Kalau anda berasal dari Kabupaten Nias Sumatera Utara, maka anda diharuskan mengirimkan dokumen ke alamat email panselpp2016.sumut@outlook.com. Kalau anda dari Kalimantan Selatan maka alamat email panitia pun secara otomatis akan berganti menjadi panselpp2016.kalsel@outlook.com. Demikian penjelasan yang dimaksud alamat email sesuai domisili provinsi masing-masing. Jadi kesimpulannya jangan bingung, kirimkan saja dokumen anda ke alamat email yang tercantum di bagian bawah pesan registrasi tersebut.

Daftar Dokumen Softcopy Yang Harus Dikirimkan Pelamar :

1. Kartu Peserta / Kartu Seleksi (hasil download berupa file dalam format PDF)
Untuk kartu peserta ini nama filenya tidak perlu dirubah lagi.
2. KTP (scan dalam format JPG)
File scan ktp anda diberi nama dengan format: KTP-nomor registrasi-nama lengkap, misalnya KTP-62254287-Abdul Azis.jpg.
3. CV atau Curiculum Vitae (Riwayat Pengalaman Kerja)
File curiculum vitae bisa dalam format Word (*.doc), Excel (*xls) atau PDF. Pilih salah satu mana yang lebih mudah dan gampang anda membuatnya. Nama file cv dibuat dengan format: CV-nomor registrasi-nama lengkap, sehingga hasilnya menjadi CV-62254287-Abdul Azis.doc (jika dalam format word).
4. Ijazah Terakhir (SMA/S1/S2/S3)
File scan ijazah anda beri nama dengan format: Ijazah-SMA-nomor registrasi-nama lengkap. Contoh ini untuk pelamar posisi PLD, sehingga nama file menjadi Ijazah-SMA-62254287-Abdul Azis.jpg.
5. Keterangan Kerja
Yang dimaksud keterangan kerja disini adalah Surat Keterangan Pengalaman Kerja atau Referensi sesuai pengalaman kerja anda. Misalkan anda pernah menjadi menjadi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dalam program PNPM-MPd, maka mintalah Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang ditandatangani Camat atau Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PjOK) di kecamatan mana anda bertugas sebelumnya. Beri nama file scan surat keterangan tersebut dengan format: Keterangan Kerja-nomor registrasi-nama lengkap, sehingga nama file menjadi Keterangan Kerja-62254287-Abdul Azis.jpg. Jika keterangan kerja yang ingin anda lampirkan lebih dari satu, beri tambahan nomor urut pada nama file sehingga menjadi Keterangan Kerja01-62254287-Abdul Azis.jpg dan seterusnya.
6. Sertifikat
Yang dimaksud sertifikat disini adalah sertifikat pelatihan/kursus atau sertifikasi khusus (jika ada) bagi tenaga teknis S1 Teknik Sipil. Misal pada contoh diatas pengalaman sebagai KPMD, pastinya sudah pernah mengikuti Pelatihan KPMD di Kecamatan atau Kabupaten dan mendapatkan Sertifikat. Jika sudah pernah mengikuti pelatihan tapi tidak pernah diberi sertifikat tidak perlu bingung, selama anda masih memiliki Surat Keterangan asli (hardcopy) pada poin no 4. Kirimkankan softcopynya dan bawa hardcopy Surat Keterangan Pengalaman Kerja (hardcopy) pada saat tes tertulis. Jika ada yang ingin melampirkan sertifikat kursus/pelatihan komputer dipersilahkan saja, sebagai bukti bahwa anda memang mampu mengoperasikan komputer (word, excel, powerpoint) dan internet. Sepanjang masih masih ada kaitannya dengan kualifikasi yang diminta serta CV yang anda buat.

Cara Mengirimkan Email Dokumen Softcopy :





1. Masukkan semua file yang dijelaskan diatas ( 1 s/d 6) kedalam folder sendiri dan diberi nama Dokumen-Softcopy-nomor registrasi-nama lengkap. Misal sesuai contoh diatas maka nama folder menjadi Dokumen-Softcopy-62254287-Abdul Azis. Lihat gambar dibawah ini !


2. Jika folder yang dibuat tadi berisi banyak file scan berformat JPG dengan resolusi tinggi, pastinya ukuran masing-masing file juga akan besar. Lakukan kompresi pada semua file JPG agar ukuran kilobyte-nya (Kb) menjadi lebih kecil dan ringan saat dikirimkan via email. Jika kesulitan atau tidak paham yang dimaksud kompresi image, mintalah bantuan teman atau saudara anda yang lebih paham. Selanjutnya kompresi folder Dokumen-Softcopy-62254287-Abdul Azis yang berisi semua dokumen yang akan dikirimkan tadi menjadi format RAR. Caranya klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih opsi “Add to archive” atau “Add to Dokumen- Softcopy-62254287-Abdul Azis.rar”.


3. Hasil akhirnya folder dokumen lampiran email yang akan anda kirim sudah terkompresi dalam bentuk file RAR. Dengan begini pengiriman email akan lebih cepat karena ukuran kilobyte folder lebih ringan. Ingat ukuran besar file lampiran email jangan lebih dari 15 MB (mega byte). Jika ukuran folder RAR yang dibuat tadi ternyata lebih dari 15 MB (total maksudnya), maka ulangi dari langkah ke-1 berarti masih ada file hasil scan yang harus anda kompresi/perkecil ukuran size-nya.


4. Kirim email ke alamat panitia seleksi sesuai domisili provinsi anda: panselpp2016(nama-provinsi)@outlook.com. Pada bagian subyek email tuliskan: nomor registrasi-nama lengkap, misalnya 62254287-Abdul Azis. Jika anda rajin menulis, cobalah ketik pada bagian isi email sekedar pelengkap saja, misalnya seperti ini: Bersama ini saya kirimkan dokumen softcopy atas nama Abdul Azis, Nomor Registrasi 62254287 sebagai dokumen pendukung untuk lamaran saya sebagai Pendamping Lokal Desa (PLD). Hormat saya, Abdul Azis. Kemudian lampirkan file folder RAR yang telah disiapkan tadi dan KIRIM.

5. Selesai, selanjutnya tinggal berdoa saja semoga anda menjadi orang yang beruntung menerima email dari panitia seleksi provinsi yang memberitahukan bahwa anda diundang untuk mengikuti tes tertulis beserta jadwal dan informasi lainnya.

Demikian panduan pengiriman email lamaran pendamping desa ini, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Semua file 15mb,atau per file softcopy mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bizril Blog ™9:12 AM

      Semua file yang sudah digabung dalam satu folder yang diberi nama folder dengan format "Dokumen-Softcopy-Nomor Registrasi-Nama Lengkap" kemudian dikompres menjadi ekstensi zip total, file dengan ekstensi zip maksimal 15MB.

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.