BizriL blog

4.9.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Mengelola Email yang Tidak Diinginkan

titleimg

Selamat pagi teman-teman blogger. Semoga kalian selalu sehat dan sukses. Aamin YRA.

Mungkin teman-teman sering merasa ribet kalau membuka email, pada folder inbox muncul ratusan email, di mana kita harus memilih dan memilah mana email penting dan mana email yang hanya sampah, karena banyaknya email sampah maka ini akan jadi pekerjaan rutin yang menjengkelkan untuk menghapus dan membersihkannya setiap saat.

Biasanya kalau kita daftar pada suatu situs maka admin situs tersebut akan mengirimkan email secara berkala, baik berupa notifikasi maupun berita dan program baru dari situs tersebut bahkan banyak juga yang berupa promosi dan sebagainya, dari email yang dikirim oleh situs-situs tersebut ada yang memang penting tapi kadang hanya sampah yang sudah tidak diinginkan lagi.

Posting ini akan membahas tentang trik untuk mengelola email yang tidak diinginkan, mungkin pengirimnya tidak dikenal atau tidak menginginkan lagi kiriman email dari pengirim yang dikenal.

Untuk  mengelola email yang tidak diinginkan mungkin kita tidak mau lagi menerima email-email tersebut, ada 2 cara untuk mengelola email-email yang tidak diinginkan, yaitu :

  1. Keluar Permanen dari Pengirim Email
  2. Seperti dibahas pada paragraf di atas,kalau kita mendaftar pada sebuah situs kita sering dikirim email oleh admin sebuah situs, baik admin manusia maupun mesin pengirim email situs tersebut. Agar situs tersebut tidak mengirim email ke kita bisa dilakukan dari pengaturan pada situs tersebut (kalau fasilitasnya tersedia), jika tidak ada fasilitasnya pada situs tersebut maka kita bisa keluar melalui fasilitas Unsubscribe / Keluar dari pengirim email pada situs tersebut. Biasanya email yang dikirim otomatis oleh sebuah situs, di bagian paling bawah disertakan link untuk Unsubscribe/Keluar dari daftar pengiriman email, untuk langkah-langkahnya lihat gambar di bawah ini :
    • Buka sebuah email yang tidak diinginkan

      tahap11
    • Cari dan klik link Unsubscribe/Keluar (biasanya paling bawah)

      tahap211

      atau

      tahap212

      atau

      tahap213
    • Muncul dan klik konfirmasi unsubscribe/keluar dari situs pengirim

      tahap31
    • Muncul konfirmasi unsubscribe/keluar berhasil

      tahap41
    • Selesai dan berhasil unsubscribe/keluar dari situs pengirim email
  3. Blokir Dengan Fasilitas Filter
  4. Terkadang email tidak ada fasilitas untuk unsubscribe/keluar dari daftar pengirim, terutama email yang dikirim oleh perorangan / pribadi, untuk itu maka harus dilakukan pemblokiran pengirim melalui fasilitas filter yang tersedia (dalam contoh ini saya menggunakan email dari google / gmail). Untuk memblokir pengirim melalui fasilitas filter berikut langkah-langkahnya :
    • Buka sebuah email yang tidak diinginkan

    • Blok dan copy alamat email pengirim

      tahap22
    • Cari icon geear dan klik menu Settings

      tahap32
    • Pada menu Settings cari dan klik sub menu Filters

      tahap42
    • Pada menu Filters cari dan klik tombol Create New Filter

      tahap52
    • Paste alamat email pengirim dan klik tombol Next Step

      tahap62
    • Centang opsi yang diperlukan dan klik tombol Create Filter

      tahap72
    • Selesai, filter baru berhasil dibuat

      tahap82
Sampai di sini proses pengelolaan email yang tidak diinginkan sudah selesai, kita tidak akan menerima lagi email-email yang sampah yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.

mengelola email, email tidak diinginkan, blokir email, blokir email tidak diinginkan,

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.