BizriL blog

5.5.17     + Bagikan / Simpan Post Ini

Trik Membuat USB Installer Kali Linux 2016 dengan Rufus

Trik Membuat USB Installer Kali Linux 2016 dengan Rufus
Selamat siang buat sahabat Bizril di mana saja berada, semoga di hari Jumat yang cerah ini kita senantiasa memperoleh kesehatan dan sukses melaksanakan semua aktivitas. Aamiin YRA.

Bahasan ini masih berhubungan dengan Sistem Operasi, namun berbeda karena bukan lagi membahas MS Windows, melainkan Sistem Operasi open source berbasis Linux yaitu Kali Linux.

Kali Linus banyak digunakan oleh para hacker untuk menerobos keamanan atau sekedar untuk menguji keamanan sebuah situs atau jaringan komputer. Pada tahun ini rilis terakhir Kali Linux versi 2016.2 dan kabarnya akan keluar versi 2017.

Membuat USB Installer Kali Linux menggunakan software pihak ke-3 berbasis windows yaitu Rufus (terakhir versi 2.14) memang sangat mudah, sama halnya dengan membuat USB Installer MS Windows, tetapi ada sedikit trik yang harus dilakukan, kalau tidak maka tidak akan berhasil membuat USB Installer Kali Linux menggunakan Rufus.

Kalau tidak mengetahui triknya membuat USB Installer Kali Linux menggunakan Rufus pasti akan selalu berakhir dengan kegagalan, lantas Apa triknya ? ternyata triknya sedikit saja.

Spesifikasi hardware yang saya gunakan untuk menginstall Kali Linux hanya sebuah laptop jadul keluaran asus tahun 2010-an, (yang saya gunakan Kali Linux versi 2016.1 36 bit) processor P4 quadcore 1.6 GHz dengan memory 2 GB, harddisk 350 GB (Untuk Kali Linux disediakan partisi khusus yaitu 15 GB untuk system dan 700 MB untuk Linux Swap, Kali Linux menggunakan sekitar 4 GB), VGA intel dan nVidia GForce 310M 512 MB, Flashdisk dengan USB 2.0 kapasitas 8 GB (Master Kali Linux 2016.1 ukuran 1.8 GB).

Mari kita bahas trik Membuat USB Installer Kali Linux :

1.Colokkan Flashdisk ke komputer.
Flashdisk akan diformat, kalau ada datanya sebaiknya dibackup dulu.
2.Jalankan software Rufus.
Kalau belum punya Rufus terbaru bisa didownload di sini : Download Rufus Terbaru !
3.Pilih file iso Kali Linux (Klik tombol dengan icon gambar hardisk).
Kalau belum punya iso Kali Linux versi terbaru bisa didownload di sini : Download Kali Linux Terbaru !
4.Pada Format Options - Create a bootable disk using, pilih DD Image.
5.Klik tombol Start.
6.Tunggu sampai semua proses selesai.
7.Selesai, klik tombol Close.


Trik khusus Membuat USB Installer Kali Linux 2016 dengan Rufus terletak pada nomor 4 dari seluruh tahapan proses di atas, bawaan (default) Rufus adalah FreeDOS harus diubah menjadi DDImage, kalau tidak maka tidak akan pernah berhasil membuat USB Installer Kali Linux.

Semoga berhasil dan bermanfaat..


Baca Juga Artikel Lainnya dari Bizril blog :



facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.