BizriL blog

7.5.16     + Bagikan / Simpan Post Ini

Rekrutmen Tenaga Pendamping Desa 2016

Rekrutmen Tenaga Pendamping Desa Profesional 2016
Kementerian Desa PDTT menjadwalkan proses rekrutmen pendamping dana desa yang akan dimulai dalam waktu dekat awal bulan Mei 2016. Rencananya, kebutuhan jumlah personalia untuk pendamping dana desa adalah 19.096 orang tenaga pendamping yang memenuhi syarat dan kualifikasi yang ditentukan oleh Kemendesa melalui seleksi gelombang kedua.

Dirjen PPMD Kemendesa Ahmad Erani Yustika mengatakan, pada tahun lalu pihaknya telah merekrut pendamping dana desa 21.049 orang.“Dengan tambahan kuota pada gelombang kedua nanti, maka total pendamping desa akan mencapai 40.000 orang," kata Erani, akhir pekan lalu pada Kompas.com. Adapun rincian formasi kebutuhan pendamping dana desa pada tahun 2016 yakni, kuota tenaga ahli pendamping masyarakat (TAPM) sebanyak 1.600 orang, Pendamping Desa (PD) sejumlah 10.893 orang, serta Pendamping Lokal desa (PLD) mencapai 6.603 orang.

Masih menurut Erani, pelaksanaan rekrutmen akan melibatkan banyak pihak, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta perguruan tinggi negeri. "Kami menggandeng satu universitas negeri di masing-masing provinsi untuk membantu tahapan seleksi tertulis dan wawancara," kata dia. Ia menjelaskan, tahapan rekrutmen akan dilakukan terbuka baik secara manual maupun online. Sehingga, nantinya seluruh kabupaten/kota wajib memuat pengumuman mulai dari pendaftaran hingga hasil seleksi di surat kabar lokal setempat. Terkait dengan anggaran, Erani mengatakan, pihaknya memproyeksikan akan ada kenaikan untuk alokasi dana pendamping desa ini. "Semula anggarannya ditetapkan Rp 1,8 triliun, namun nanti akan ditambah menjadi Rp 2,4 triliun," kata dia. Erani mengatakan, anggaran ini dialokasikan untuk pembiayaan rekrutmen, pelatihan, serta pembayaran gaji para pendamping selama satu tahun kontrak. Rencananya, dana pendamping ini akan berasal dari pinjaman Bank Dunia dari sisa proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM).

Berdasarkan data jumlah kuota yang ada pada website pendaftaran online, total jumlah tenaga pendamping yang akan direkrut oleh Kemendesa tahun ini adalah 19.131 orang dengan rincian terdiri dari 6.529 Pendamping Lokal Desa (PLD), 10.990 orang Pendamping Desa (PDP dan PDTI) serta 1.612 orang Tenaga Ahli Kabupaten (6 formasi). Posisi kuota terbanyak berada di provinsi Jawa Tengah dengan jumlah total 3.248 orang, sedangkan terendah ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu total hanya 60 orang. Secara lengkap silahkan diunduh file PDF-nya pada link tautan dibawah artikel ini :

Download Daftar Kuota Pendamping Desa Tahun 2016 Seluruh Indonesia.

Buat anda yang berminat menjadi Tenaga Pendamping Desa atau Tenaga Pendamping Profesional Tahun 2016 silahkan baca informasi selengkapnya pada link di bawah ini :

+ Alur Pendaftaran Pendamping Desa 2016
+ Persyaratan Tenaga Pendamping Desa 2016
+ Persyaratan Tenaga Pendamping Desa 2016

Baca Juga Artikel Lainnya dari Bizril blog :

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.