BizriL blog

13.7.15     + Bagikan / Simpan Post Ini

Hikmah Ramadhan #1

Marhabban Yaa Ramadhan.. Apa kabar sobat Bizril semua? Alhamdulillah saat ini kita sedang memenuhi kewajiban muslim yang ke-4 yaitu melaksanakan puasa Ramadhan yang sifatnya wajib bagi semua muslim yang mampu menjalankannya.

Ramadhan tahun ini Insya Allah kita semua dapat melaksanakan segala amalan, baik yang sifatnya wajib dan memperbanyak amalan sunnah karena janji-Nya akan melipatgandakan semua amalan di bulan Ramadhan dibanding dengan amalan pada bulan lain.

Pada malam ke-25 Ramadhan Bizril sempat mengunjungi pesantrennya Abah Anom di Suryalaya Tasikmalaya, selain untuk berziarah juga untuk melaksanakan ibadah-ibadah sunnah, juga tentu saja dengan mengharapkan datangnya keistimewaan suatu malam di bulan Ramadhan yaitu malam Lailatul Qadar, sebuah malam yang paling banyak dinanti-nantikan oleh seluruh muslim yang hanya ada di malam Ramadhan, sebuah malam yang lebih baik daripada 1000 bulan.

Pondok Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya

Seusai menunaikan berbagai amalan ibadah sunnah dan menyempatkan diri untuk berziarah dan tawassul di makamnya kiyai besar Abah Anom kemudian dilanjutjab dengan makan sahur yang disajikan secara gratis oleh pengurus pesantren, sambil sahur kemudian beristirahat sambil menunggu datangnya waktu subuh, pada saat itu Bizril mendengarkan kalimat-kalimat pujian yang sangat menyentuh qalbu dan bahkan membuat Bizril sedih menitikkan air mata mendengar pujian-pujian yang dilantunkan oleh seseorang dari dalam mesjid itu.

Pondok Pesantren Suryalaya - Tasikmalaya

Merasa penasaran dengan kalimat puji-pujian yang didengar di pesantren Abah Anom pada dini hari tersebut, Bizril berusaha mencari informasi tentang kalimat dan arti puji-pujian itu, dari hasil pencarian di mbah google ketemu informasi yang paling menarik dan lengkap dari sebuah blog tetangga.

Begini isi dan kalimat puji-pujian tersebut :
Ya arhamar-rahimin, irhamna (3x), wa `afina wa’fu `anna wa 'ala tha `atika wa syukrika a’ inna, wa `alal islami` wal imanil kamilaini jam`an tawaffana, wa anta radhin ’anna wa’an babika fala tathrudna, ya wasi`al maghfirah, ya hayyu ya qayyum,birahmatikal-wasiah,bijahika ya Allah.
­Ya arhamar-rahimin, irhamna , wa `afina wa’fu `anna ,wa 'ala tha`atika wa syukrika a’ inna, ya hayyu ya gayyumu, bijahi sayyidina muhammadin shallallahu `alaihi wa sallam.
Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa `fu `anna wa 'ala tha`atika wa syukrika a`inna, ya hayyu ya gayyumu, bijahi sayyidina abi bakrinish-shiddigi ra­dhiyallahu `anh.
Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa`fu `anna, wa `ala tha`atika wa syukrika a`inna, ya hayyu ya qay­yumu, bijahi sayyidina 'umarabnil khaththabi radhiya­llahu `anh.
Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa`fu `anna ,wa 'ala tha `atika wa syukrika a `inna, ya hayyu ya qay­yumu, bijahi sayyidina `utsmanabni `affana radhiyallahu ’anh
Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa`fu `anna ,wa 'ala tha `atika wa syukrika a `inna, ya hayyu ya qay­yumu, bijahi sayyidina `’aliyyibni abi thalibin karamallahu wajhahu, wa radhiyallahu tabaraka wa ta’ala ’an kulli shahabati rasulillahi.

Artinya :
"Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami (3 x). Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Dan wafatkanlah kami dalam keadaan Islam dan iman yang sempurna, dan dalam keadaan Engkau meridhai kami. Dan janganlah Engkau mengusir kami dari pintu surga-Mu, oh Tuhan, yang maha luas ampunan-Nya.”
”Oh Tuhan, Yang Maha hidup dan senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat rahmat­ Mu yang luas, dan dengan kehormatan-Mu, ya Allah. Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapus­kanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaatiMu dan bersyukur atas nikmatMu Oh Tuhan yang Maha hidup,Yang senantiasa mengurus hamba­-Nya. Berkat kehormatan junjungan kami, Nabi Muhammad SAW.”
”Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami.Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Oh Tuhan, Yang Mahahidup, Yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Abu ,~ Bakar Ash-Shiddiq RA.”
“Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu.Oh Tuhan yang Maha hidup, Yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Umar bin Kaththab RA.”
”Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Oh Tuhan, Yang Maha hidup, Yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Utsman bin Affan RA.”
“Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami.Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Oh Tuhan, Yang Maha hidup, yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA. Dan semoga Allah, yang Maha suci lagi maha tinggi, meridhai semua sahabat Rasulullah."

Ternyata kalimat puji-pujian yang sangat menyentuh qalbu itu mengandung arti yang sangat bagus, inti dari arti puji-pujian tersebut merupakan do'a kepada Allah SWT untuk bertaubat dan meminta pengampunan-Nya. Do'a tersebut dapat diamalkan selama bulan Ramadhan dan berharap semoga Allah SWT memberikan kita semua ampunan atas segala dosa-dosa yang telah kita perbuat. Aamiin YRA.

Semoga tulisan ini bermanfaat, khususnya bagi sobat Bizril yang tengah melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dan mari kita gunakan sisa Ramadhan tahun ini dengan memperbanyak amalan ibadah.

Terakhir Bizril ucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, semoga Allah SWT selalu melimpahkan Berkat dan Rahmat-Nya kepada kita semua. Aamiin YRA.

Semoga Bermanfaat.

Referensi : 
http://sentuhan-qalbu.blogspot.com/2008/08/rangkaian-doa-ramadhan-amalan-meraih.html






blogger, tip, trick, meta tag, pagerank, seo, traffic, online, business

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.