BizriL blog

11.11.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Trick Internet dengan Hotspot WiFi Gratis

Trick Internet dengan Hotspot WiFi Gratis
Selamat pagi dan selamat beraktivitas. Semoga anda semua selalu diberi kesehatan sebagai modal utama bisa bekerja. Saya mau berbagi sedikit trick yang sebenarnya sangat mudah untuk memperoleh koneksi internet gratis melalui hotspot wifi. Memang sangat banyak yang membahas tentang trick ini tapi saya akan ceritakan tentang pengalaman saya sendiri, jadi.. bukan copy - paste dari blog tetangga :)

Untuk anda yang berada di perkotaan pada jaman sekarang ini tidak akan susah memperoleh jaringan hotspot wifi yang memiliki koneksi internet, walaupun ada juga yang hanya jaringan lokal tanpa koneksi internet. Untuk yang sedikit ke daerah biasanya sekolah setingkat SMP / SMA juga memiliki hotspot area. Tinggal bagaimana supaya bisa konek ke hotspot tersebut untuk bisa memperoleh koneksi internet gratis ? Untuk hal bahasan ini saya persempit yaitu hotspot yang menggunakan Telkom speedy sebagai basis koneksi internet.






Tentang Jaringan WiFi Speedy

Saya akan sedikit bahas dulu tentang Telkom speedy, yaitu sebuah layanan dari PT.Telkom yang melayani jasa koneksi internet yang mana disebut juga Internet Service Provider (disingkat ISP). Speedy melayani pelanggan dalam bentuk koneksi kabel (melalui kabel telepon dan modem), juga melalui koneksi nirkabel (WiFi). Yang akan saya bahas adalah koneksi nirkabel (WiFi), karena saya konek melalui jaringan tersebut. Untuk layanan WiFi speedy mengeluarkan jaringan dengan nama hotspot @wifi.id atau berakhiran @wifi.id sperti speedy@wifi.id, school@wifi.id dsb. dengan tujuan untuk melayani pelanggan yang membutuhkan koneksi internet secara instant, tanpa harus memasang jaringan kabel telepon. Keberadaan jaringan @wifi.id tersebut ada yang independent dengan koneksi dan antena pemancar sendiri dan ada juga yang dipancarkan oleh modem WiFi dari pelanggan speedy, nah inilah yang saya gunakan untuk konek ke internet dengan WiFi gratis.

Jaringan @wifi.id ada yang numpang pada modem WiFi pelanggan speedy. Jika berlangganan speedy melalui kabel telepon, speedy akan meminjamkan modem WiFi secara cuma-cuma, dengan modem tersebut pelanggan bisa konek ke internet melalui modem tersebut dan menggunakan modem tersebut sebagai fasilitas hotspot di tempat pelanggan tersebut, tentu saja pancaran sinyal tidak terlalu jauh, sifatnya hanya internal lokal saja. Jika pelanggan mengaktifkan mode hotspot pada modem tersebut maka otomatis modem akan memancarkan jaringan ssid @wifi.id, inilah yang saya maksud koneksi internet gratis.

Sampai di sini bukan berarti bisa langsung konek internet melalui jaringan hotspot @wifi.id, karena kalaupun bisa konek ke jaringan tersebut tapi nanti saat browsing harus memasukkan username dan password token @wifi.id yang tentu saja itu tidak gratis, harus dibeli di tempat-tempat tertentu yang menjualnya, harganya lumayan tergantung jumlah bandwidth yang dibeli, dalam hal ini speedy menjual layanan internet dengan sistem volume limited (harga jual berdasarkan kuantitas download).

Mulai Koneksi

Agar diperoleh sinyal lebih kuat saya menggunakan sebuah USB WiFi internal yang saya taruh di luar menggunakan tiang dan kabel USB yang panjangnya 10 meter dan ditutup botol bekas air mineral agar tidak kena air hujan, jika mengandalkan WiFi device bawaan laptop sinyalnya kurang bagus.

Setelah dapat sinyal bagus coba konek ke hotspot tersebut, syukur kalau dapat hotspot tanpa pengamanan (security), berarti tinggal konek saja, tapi kalau ada pengamanan seperti password wpa /wep berarti harus sedikit berusaha lagi, tapi bukan dengan hack / crack password hotspot tersebut, melainkan mencari kesalahan pelanggan speedy itu sendiri yang biasanya lupa atau tidak tahu mengganti password modem speedy.

Seperti saya bahas di atas bahwa modem speedy mengeluarkan sinyal hotspot ssid @wifi.id, ke hotspot itulah akan berusaha mencari celah koneksi, lakukan koneksi ke hotspot @telkom speedy, setelah konek bukan berarti langsung bisa konek ke internet tanpa memiliki username dan password jaringan @wifi.id, coba lakukan ping ke modem, biasanya modem speedy memiliki IP address LAN 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 sebagai IP address LAN default (bawaan) modem.

Cara melakukan ping :
1. Klik Start
2. Klik Run (dua langkah ini bisa dipintas melalui shortcut keyboard yaitu logo windows + R)
3. Ketik cmd lalu tekan Enter atau klik OK
4. Muncul jendela windows command
5. Pada jendela windows command ketik "ping 192.168.1.1" atau "ping 192.168.0.1" (tanpa kutip)
6. Kalau ping berhasil (seperti gambar di bawah ini), artinya berhasil koneksi ke modem.

Trick Internet dengan Hotspot WiFi Gratis1

Setelah berhasil konek ke modem kemudian buka aplikasi browser seperti mozilla firefox atau internet explorer. Pada address bar ketik alamat IP yang berhasil di-ping, misalkan "192.168.1.1" (tanpa kutip) kemudian tekan enter. Muncul dialog minta username dan password modem, seperti saya katakan di atas biasanya banyak pelanggan speedy lupa atau tidak tahu mengganti password modem. Sebagai bawaan (default) pada username ketik "admin" (tanpa kutip) dan pada password ketik "admin" (tanpa kutip) kemudian tekan enter atau klik OK. Kalau memang pelanggan speedy tidak mengubah password modem maka kemudian akan muncul properti modem tersebut seperti gambar di bawah ini. Cari pada tab "Interface Setup - Wireless" dari situlah kita bisa tahu tentang ssid hotspot dan password yang dipancarkan oleh modem tersebut yang nantinya akan digunakan untuk memperoleh koneksi internet gratis melalui hotspot wifi.

Trick Internet dengan Hotspot WiFi Gratis2

Trick Internet dengan Hotspot WiFi Gratis3

Setelah berhasil memperoleh password, kemudian putuskan koneksi ke hotspot @wifi.id lalu koneksikan ke hotspot dengan ssid yang tadi diperoleh dari properti modem, kemudian muncul dialog password, masukkan password yang tadi diperoleh dari properti modem, biasanya minta dimasukkan password 2 kali (di atas dan di bawah), lalu tekan enter atau klik OK. Sampai di sini berarti sudah bisa konek ke hotspot dan memperoleh koneksi internet secara gratis.

Demikian sedikit trick tentang memperoleh hotspot WiFi gratis melalui layanan speedy. Gunakan koneksi internet untuk keperluan yang bernilai positif. Semoga Bermanfaat.

Tips : Jika kamu pelanggan speedy kabel, jangan lupa mengganti password modem, karena bila tidak diganti akan dipergunakan oleh orang lain, bukan sok pelit.. tapi kalo orang tersebut keseringan download bisa-bisa koneksi kita jadi lelet.

trick, trick internet, wifi, wifi gratis, trick wifi gratis, speedy gratis, hotspot gratis

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.