BizriL blog

1.11.14     + Bagikan / Simpan Post Ini

Tips Hemat Baterai Smartphone

Tips Hemat Baterai Smartphone
Selamat pagi dunia.. selamat pagi semuanya dan selamat berakhir pekan.

Akhir-akhir ini di sebuah forum facebook sering mendengar keluhan para pengguna smartphone yang mengeluhkan kenapa baterainya boros ? atau kenapa smartphone merk ini tipe ini ko baterainya boros ?? bagaimana cara mengirit baterai ???
Ya.. berbagai pertanyaan yang topiknya tentang batre smartphone yang borors sering mencuat ke permukaan atau di forum-forum. Hal inilah yang sangat menarik buat saya untuk membuat posting ini.

Sebagai pengetahuan : Jenis baterai memang sangat banyak, namum kebanyakan handphone dan smartphone sekarang menggunakan baterai Li-Ion (Lithium). Mungkin banyak alasan produsen handphone/smartphone menggunakan tipe baterai ini, selain memilik umur yang lebih lama dan mampu bertahan dengan dicharge ratusan bahkan kali, bterai ini juga memiliki salah satu kepadatan energi terbaik, tanpa efek memori, dan mengalami kehilangan isi yang lambat saat tidak digunakan. Tetapi selain kelebihan baterai ini juga memiliki kekurangan yaitu diantaranya tidak tahan dengan suhu yang tinggi juga memiliki masa baik saat dipakai atau tidak dipakai.






Dari keluhan-keluhan para pengguna smartphone itulah maka saya memiliki asumsi sesuai pengalaman pribadi tentang alasan baterai smartphone dibilang boros. Menurut asumsi dan pengalaman saya baterai boros itu diakibatkan oleh :

1. Banyak aplikasi online yg mantengin terus signal, selain boros batre juga boros memory, misal bbm, wechat, whats up, fb chat, fb app, twitter app, cuaca, gps, dsb.
2. Keterangan (brightness) layar / display terlalu terang (bright)
3. Menggunakan double SIM card, jadi double sinyal
4. Sering dioprek/dipake, misal main game dsb
4. Signal operator kurang bagus dan kadang-kadang gak ada signal seperti di basement yg gak pake repeater atau di pegunungan yg jauh dari BTS
5. WiFi selalu on, WiFi connect terus ke hotspot (saat terhubung) atau akan terus cari signal hotspot (kalau di luar area hotspot yg biasa dipakai)
6. Bluetooth selalu on, selalu connect dengan perangkat lain (saat terhubung) atau terus mencari perangkat lain (saat tidak terhubung)
6. Volume terlalu besar
7. Dsb.

Pilihannya : Mau seperti di atas dan boros batre atau lebih bijak dalam menggunakan hh seperlunya, yg sekiranya gak penting dihapus aja biar batre lebih tahan lama ??

Masih menurut pengalaman saya agar baterai smartphone tidak boros ada beberapa tips yaitu :
1. Gunakan aplikasi seperlunya, yg gak penting hapus atau di-force stop
2. Kalau gak perlu online matikan wifi, matikan mobile data, matikan bluetooth
3. Usahakan gak di tempat yg signalnya kurang bagus, apalagi kalau sering terus mencari operator seperti di gunung, lebih baik dimatikan dulu
4. Volume sekecil mungkin asal suara terdengar jelas
5. Keterangan (brightness) layar / dsiplay agak diredupkan asal enak dilihat
6. Kalau gak perlu double SIM card, lebih baik gunakan 1 SIM card saja
7. Tidak sering diioprek, dipakai hanya sesuai keperluan saja (tidak termasuk keperluan main game)

Demikian tips agar baterai smartphone tidak terlalu boros. Semoga bermanfaat.

tips baterai, tips hemat baterai, tips hemat baterai smartphone, tips android, tips smartphone, smartphone android, baterai smartphone

facebook comments
logo32 0 comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.