3.11.14

Firmware Zenfone 4

Firmware Zenfone 4
Hi.. selamat siang teman-teman blogger dan androider.
Siang ini saya mau membahas tentang Firmware Asus Zenfone 4, sebagian orang ada yang mengatakan Firmware sebagai Stock ROM, yang jelas saya katakan firmware karena di website asus disebutnya firmware hehe..

Setelah senang dan puas membeli zenfone yang paling murah yaitu zenfone 4 A400CXG (murah dan garansi resmi asus Indonesia), yang palning duluan ingin diupgrade adalah firmware karena waktu beli si zenfone 4 memiliki OS Android 4.2 Jelly Bean. Tentu saja ingin langsung mencicipi OS lebih baru dari bawaan si zenfone, paling tidak naik jadi OS Android versi 4.4 KitKat. Memang zenfone 4 sendiri telah menyediakan upgrade OS secara otomatis melalui fitur pembaruan (upgrade) sistem, namun saya tidak sabar menunggu antrian pembaruan tersebut, oleh karena itu maka saya berusaha memperbaruinya dengan cara sendiri menggunakan PC (laptop) yang ada.






Pembaruan sistem secara manual memang bisa dilakukan dengan menggunakan PC, namun kita harus benar-benar hati-hati dan terlebih dahulu mempelajari caranya dengan membaca keterangan-keterangan dan tutorial-tutorial serta tips-tips yang bisa didapat melalui pencarian di pak google.

Salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan pembaruan sistem secara manual adalah firmware baru itu sendiri, setahu saya zenfone 4 itu memiliki banyak versi firmware, dintaranya ada CHT, WW, H3G dsb. Salah satu cara untuk mengetahui versi firmware zenfone yang kita miliki adalah dengan cara melihatnya pada dus kemasan zenfone itu sendiri, cara lainnya yaitu dengan melihat pada gadgetnya melalui menu Setting-About-Software Information - Build Number. Dari dua cara di atas bisa diketahui versi firmware yang saya miliki, ternyata zenfone saya memiliki firmware versi WW_6.5.30 dan model zenfone saya adalah A400CXG.

Firmware Zenfone 4-1

Setelah mengetahui versi firmware, tiba saatnya saya harus mendownload pembaruan firmware, untuk hal ini saya gak mau download dari situs yang lain, lebih baik download dari situs resmi asus sebagai pabrikan si zenfone 4 yaitu asus.com. Begini cara download firmware terbaru zenfone dari situs resmi asus :

1. Pergi ke google dan ketik model zenfone, untuk saya diketik : A400CXG
2. Dari hasil pencarian google muncul hasil paling atas dan klik link tersebut

Firmware Zenfone 4-2

3. Kemudian muncul situs Zenfone A400CXG, lalu pilih menu SUPPORT

Firmware Zenfone 4-3

4. Pilih menu Driver & Tool

Firmware Zenfone 4-4

5. Klik pilih OS lalu pilih Android

Firmware Zenfone 4-5 

6. Klik Firmware

Firmware Zenfone 4-6

7. Pilih versi yang sesuai (firmware zenfone 4 saya yaitu WW_6.5.30), lalu klik GLOBAL untuk download file firmware itu

Firmware Zenfone 4-7

8. Klik OK / Save untuk mulai download

Firmware Zenfone 4-8

9. Tunggu sampai proses download selesai. Setelah download selesai lalu klik ikon download dan klik kanan pada file firmware yang tadi selesai didownload lalu pilih Open Folder

Firmware Zenfone 4-9

10. Membuka folder tempat file firmware hasil download, file dalam format zip untuk membukanya klik kanan pada file tersebut lalu pilih Extract Here

Firmware Zenfone 4-10

11. Terbentuk file hasil extract masih dalam format zip, lalu extract lagi dengan klik kanan pilih Extract To <Nama file yang akan diextract>

Firmware Zenfone 4-11

12. Terbentuk sebuah folder dengan nama folder sama dengan nama file yang diextract sebelumnya

Firmware Zenfone 4-12

13. Simpan (copy) file hasil download dan hasil extract serta folder yang terbentuk hasil extract ke sebuah tempat (drive dan folder) yang aman serta mudah diari jika akan digunakan.

Link :
- Situs resmi Asus Zenfone A400CG
- Situs resmi Asus Zenfone A400CXG

Demikian sharing tentang firmware zenfone 4. Semoga bermanfaat

smartphone, zenfone, zenfone 4, firmware, firmware zenfone, upgrade firmware

1 komentar:

  1. gan ane mau tanya. kan zenfone ane versinya WW, kalo di upgrade ke CHT bisa gak? monggo di balas

    BalasHapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.