BizriL blog

16.3.14

Upgrade OS Samsung Galaxy GT-S6102 Ke Ice Cream Sandwich

Samsung GT-S6102
Selamat pagi di hari minggu.. Lama saya tidak membuat postingan di blog karena pekerjaan yang agak sibuk, kebetulan di akhir pekan ini sangat santai. Apa kabar teman ?? saya harap semuanya dalam kondisi sehat dan bahagia

Jumat kemarin ada teman yang ngasih Handphone (HP) yang menurut dia sudah jadul, tapi kondisinya masih segar kok, lumayan buat nambah koleksi PIN BBM hehe.. Sebuah HP cerdas Samsung Galaxy Y Duos tipe GT-S6102 dengan Operating System (OS) Android versi 2.6.35.7 Gingerbeard (entah kenapa mbah google memberi nama-nama versi OS Android dari nama-nama makanan..? hehe..)

Sebelumnya saya belum pernah mengutak-atik jenis HP ini, memang dulu pernah punya tablet Acer dengan OS Android 4.1.2 Jelly Bean, tapi gak sempat dioprek karena waktu itu tergolong baru jadi belum bisa di-root.

Pertama dengan menyelidiki versi android bawaan pabriknya, kemudian aplikasi dan setting-nya, gak puas dengan OS yang masih belum di-root karena tidak bebas menginstal aplikasi kemudian coba untuk nge-root OS nya, tentang proses nge-root Android akan dibahas di pos kemudian (harusnya sih posting tentang nge-root dulu yaa..? hehe..)
Setelah berhasil nge-root OS Android bawaan pabrik ternyata belum puas juga karena ada beberapa aplikasi yang gak support, kepikir untuk mengupgrade versi Android, langsung aja tanya-tanya ke mbah google, di sana banyak trik dan tips tentang upgrade OS untuk tipe HP ini, kemudian disimpulkan ternyata tipe HP ini hanya bisa diupgrade ke OS Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Dari beberapa tips dan trik yang ditemukan di mbah google, ternyata ada sebuah trik yang prosesnya sangat mudah karena bisa dilakukan tanpa harus menggunakan PC/laptop, trik inilah yang akan saya bahas di sini.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. HP harus sudah diroot terlebih dahulu (baca Root/Unroot Android).

2. Sebagai antisipasi dari kegagalan proses upgrade OS alangkah baiknya data yang ada diback-up dulu.

3. Persiapkan kondisi baterai harus cukup dan stabil, paling tidak lebih dari 50%

4. Download dulu beberapa file yang diperlukan untuk upgrade, ada 2 file yang harus didownload yaitu CWM-6102.zip (download di sini) dan FIXED ICS Fusion Final with Aroma.zip (download di sini), biarkan file-file tersebut dalam format zip (jangan diekstrak).

5. Copy dua file tadi ke memori (SD card) yang ada di dalam HP yang akan diupgrade

6. Matikan HP secara normal

Perhatikan gambar di bawah ini merupakan skema tombol di HP Samsung GT-S6102, tombol-tombol tersebut akan digunakan untuk proses upgrade, yaitu :
- Tombol VOLUME UP (digunakan sebagai panah ke atas)
- Tombol VOLUME DOWN (digunakan sebagai panah ke bawah)
- Tombol HOME (digunakan sebagai enter/ok)
- Tombol POWER (on/off)

Samsung GT-S6102 a

7. Hidupkan HP dengan cara menekan tombol VOLUME UP + HOME + POWER bersamaan sampai muncul logo Samsung sama seperti saat menghidupkan HP secara normal

Menggunakan tombol VOLUME UP untuk geser ke atas atau VOLUME DOWN untuk geser ke bawah dan tombol HOME untuk memilih pilihan (enter / OK) :

8. Pilih WIPE DATA

9. Pilih WIPE CACHE

10. Pilih APPLY UPDATE FROM SD CARD

11. Pilih file CWM6102.zip kemudian akan muncul menu CLOCKMOD RECOVERY

12. Pilih WIPE DATA

13. Pilih WIPE CACHE

14. Pilih INSTALL ZIP FROM SD CARD

15. Pilih CHOOSE ZIP FROM SD CARD

16. Pilih file FIXED ICS Fusion Final with Aroma.zip

17. Pilih YES INSTALL FIXED ICS Fusion

18. Ikuti semua langkah-langkahnya, tekan tombol HOME saja jangan ada yang diubah

19. Terakhir pilih / centang pilihan REBOOT dan tekan HOME

20. Selesai dan tunggu HP akan direstart/direboot menggunakan OS baru yang sudah berhasil diinstall

Selesai sudah proses upgrade OS Android pada HP Samsung GT-S6102 yang sebelumnya OS Android 2.6.35.7 Gingerbeard menjadi OS Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich, rasanya senang sekali telah berhasil dan serasa memiliki HP baru beli dari toko hehe..

Di bawah ini adalah gambar-gambar screen shoot dari HP saya yang tadi sudah diupgrade menggunakan OS Android 4.0.4

Samsung GT-S6102 bSamsung GT-S6102 cSamsung GT-S6102 dSamsung GT-S6102 d

Peringatan :
  • Tips dan Trik ini sudah berhasil dipraktekan oleh saya sendiri pada Handphone Samsung Galaxy Y Duos Tipe GT-S6102, saya mencobanya untuk tipe yang lain.
  • Selalu back-up dulu semua data yang ada di Handphone sebelum mempraktekan trik ini.



alexa, google, blog, tip, trick, meta, tag, pagerank, seo, traffic, webmaster, analyzer, tool, search engine
facebook comments
logo32g 2 comments

2 comments:

  1. Gan Semisal Berhasil DiUpdate Apa Kapasitas RAM Makin Besar? Atau Malah Menjadi Kecil? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya secara fisik kapasitas RAM pasti tetap, gak bisa diubah. Ukuran file OS ICS lebih besar daripada OS aslinya Jelly Bean, setelah proses upgrade otomatis kapasitas RAM akan berkurang, tetapi tidak begitu signifikan terasa, lancar-lancar saja seperti biasa.

      Delete

Bizril blog is DoFollow blog
Comment in this blog likes giving a gold to this blog
.
Feel free to comment here, stay on the topic and no spamming.
You can make outer link with href code, but comment with more than one outer link will be deleted.
Thank you for your comment.